DAMPAK BIAYA EKONOMI DARI KRIMINALITAS (Studi Kasus Masyarakat Kota Padang)

RAMADANEL, RAMADANEL (2022) DAMPAK BIAYA EKONOMI DARI KRIMINALITAS (Studi Kasus Masyarakat Kota Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Ramadanel_1713060181_Cover,Persembahan,Keorisinilan,Pengesahan,Persetujuan Pembimbing,Kata Pengantar,Daftar Isi,Daftar Tabel,Daftar Gambar - Rama danel.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (BAB I)
Ramadanel_1713060181_BAB I - Rama danel.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
Ramadanel_1713060181_BAB III - Rama danel.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (FUL TEXT)
Ramadanel_1713060181_Fulltext - Rama danel.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek negatif yang ditimbulkan oleh rasa takut menjadi korban kejahatan, serta biaya ekonomi korban akibat dari kriminalitas. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi perbedaan pengalaman dan karakteristik individu berdasarkan perilaku yang dialami saat kejahatan terjadi (fear of crime) dan bagaimana tindakan yang dilakukan oleh individu, dalam melindungi dirinya supaya tidak menjadi korban tindak kriminalitas, melalui perubahan perilaku (perilaku pencegahan) atau mengambil tindakan yang berimplikasi pada biaya (pengeluaran defensif). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 76 responden yang berasal dari 10 perumahan di Kota Padang. Instrument dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Hasil temuan dengan menggunakan regressi multinomial logistik berdasarkan pengalaman korban menunjukkan bahwa individu yang menjadi korban pada kategori kriminalitas tak dialami langsung merasa sedih dan kurang percaya kepada orang lain, sedangkan individu yang menjadi korban pada kategori kriminalitas dialami langsung merasa takut, waswas dan waspada terhadap orang lain dan kedua kategori tersebut lebih memilih pengeluaran defensif untuk melindungi dirinya. Sedangkan berdasarkan karakteristik individu, individu yang berjenis kelamin perempuan yang pernah menjadi korban kejahatan lebih merasa takut, waswas dan waspada dan lebih memilih pengeluaran defensif untuk melindungi dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Lingkungan Sosial dalam Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 31 May 2023 03:10
Last Modified: 31 May 2023 03:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12539

Actions (login required)

View Item View Item