PERILAKU REMAJA YANG MENGALAMI GEJALA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE di DESA PALSABOLAS KECAMATAN ANGKOLA TIMUR (Studi Kasus di Desa Palsabolas Kecamatan Angkola Timur)

Khoirul Ansori (2022) PERILAKU REMAJA YANG MENGALAMI GEJALA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE di DESA PALSABOLAS KECAMATAN ANGKOLA TIMUR (Studi Kasus di Desa Palsabolas Kecamatan Angkola Timur). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Bab I - Thitifan Ly.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Bab II - Thitifan Ly.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Bab III - Thitifan Ly.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Bab IV - Thitifan Ly.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Bab V-Daftar Pustaka - Thitifan Ly.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Cover, dll - Thitifan Ly.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Khoirul Ansori Siregar_1815040023_Fulltext - Thitifan Ly.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul “Perilaku Remaja yang Mengalami Gejala Kecanduan Bermain Game Online di Desa Palsabolas Kecamatan Angkola Timur”. Penelitian yang disusun oleh Khoirul Ansori 1815040023 jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja yang bermain Game Online. Game Online merupakan sejenis permainan online yang tersedia baik di ponsel ataupun komputer yang membutuhkan jaringan internet. Tingginya tingkat kegemaran remaja terhadap bermain Game Online, bisa ditinjau dari beberapa bukti salah satunya yakni dari waktu yang dihabiskan remaja dalam bermain Game Online. Berdasarkan hasil observasi lapangan peneliti kepada dua remaja di desa Palsabolas menyatakan bahwa terdapat beberapa gejala seperti kurangnya rasa bersosialisasi kepada masyarakat sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak, gambaran, dan faktor yang mempengaruhi perkembangan perilaku remaja terhadap Perilaku Remaja yang Mengalami Gejala Kecanduan Bermain Game Online di Desa Palsabolas Kecamatan Angkola Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang remaja di Desa Palsabolas dengan menggunakan teknik Snowball. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yakni teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk memperoleh hasil, data dianalisa dengan teknik analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberrman (1984). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan perilaku remaja dan durasi waktu yang remaja habiskan untuk bermain Game Online yakni berada pada tingkat tertinggi yaitu 24,5 jam dan tingkat terendah sebanyak 15,5 jam dalam seminggu. Dampak bermain Game Online juga berpengaruh terhadap kegiatan sekolah remaja dimana remaja sering melakukan bolos sekolah. Adapun Faktor internal yang mempengaruhi remaja untuk bermain Game Online yaitu rendahnya tingkat kemampuan mengontrol diri dalam menentukan kegiatan yang prioritas. Kemudian faktor eksternal yang mempengaruhi remaja dalam bermain Game Online salah satunya ajakan dari teman-teman sebaya, rasa penasaran yang tinggi dari dalam diri remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Kecanduan, Game Online, Perilaku
Subjects: U Umum (General) > Psikologi Bilingualisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 30 May 2023 07:27
Last Modified: 30 May 2023 07:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item