PERAN BADAN USAHA MILIK NAGARI (BUMNag) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN TANAH DATAR

NAILUL AZMI, NAILUL (2022) PERAN BADAN USAHA MILIK NAGARI (BUMNag) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KABUPATEN TANAH DATAR. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Nailul Azmi_1713060228_Cover, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (BAB I)
Nailul Azmi_1713060228_BAB I - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB III)
Nailul Azmi_1713060228_BAB III - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (BAB V)
Nailul Azmi_1713060228_BAB V - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Nailul Azmi_1713060228_Fulltext - Nailul Azmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyak potensi alam yang terdapat di Kabupaten Tanah Datar sebagai pengembangan berbasis ekonomi di Nagari yang dapat memberdayakan banyak masyarakat Nagari. Namun keberadaan pengembangan berbasis ekonomi di Nagari yang ada selama ini kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Salah satu faktor yang mendominasi ialah intervensi pemerintah terlalu besar, akibatnya kurangnya kreativitas dan inovasi masyarakat nagari dalam pengelolaan ekonomi Nagari di Kabupaten Tanah datar. Oleh karena itu pemerintah menerapkan pendekatan baru yang diharapkan mampu menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian nagari melalui kewirausahaan nagari yang diwadahi dalam BUMNag. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran BUMNag dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan ialah Field Research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah purposive sampling dan snowball sampling. Adapun sifat penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif serta dalam penelitian ini menggunakan cara berfikir deduktif, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada pengurus BUMNag, Perangkat Nagari, dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan BUMNag. Dan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan teknik verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BUMNag Nagari Koto Laweh, Jaho, Tambangan, dan Batipuah Ateh telah berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dimana BUMNag telah melakukan tahap-tahap pemberdayaan yaitu: penyadaran, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Namun dalam unit usaha ini masih belum maksimal dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya: 1. Masih banyaknya masyarakat yang belum paham dengan tujuan dan keberadaan BUMNag, sehingga kurangnya dukungan dan partisipasi masyarakat. 2. Kurangnya modal usaha yang membuat pengurus tidak dapat mengembangkan usaha BUMNag, sehingga memperlambat dalam pemberdayaan masyarakat. 3. Terjadinya covid-19 yang membuat kurangnya pendapatan BUMNag. 4. Orientasi pembangunan di Nagari yang masih mengutamakan sarana dan prasarana fisik, sehingga memperlambat target serta pencapaian peningkatan pemberdayaan masyarakat, termasuk pengembangan BUMNag.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 30 May 2023 02:53
Last Modified: 30 May 2023 02:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12526

Actions (login required)

View Item View Item