PENGARUH REVITALISASI PASAR TRADISIONAL KOTA SAWAHLUNTO TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG

MUHAMMAD INDRA NUGRAHA, MUHAMMAD (2022) PENGARUH REVITALISASI PASAR TRADISIONAL KOTA SAWAHLUNTO TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
Muhammad Indra Nugraha_1713060221_Cover, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB I)
Muhammad Indra Nugraha_1713060221_BAB I - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
Muhammad Indra Nugraha_1713060221_BAB III - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB V)
Muhammad Indra Nugraha_1713060221_BAB V - Nailul Azmi.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Muhammad Indra Nugraha_1713060221_Fulltext - Nailul Azmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menyajikan sebuah penelitian empiris tentang bagaimana perbedaan pendapatan pedagang pasar tradisional Kota Sawahlunto antara sebelum dan sesudah dialkukannya revitalisasi. Revitalisasi pasar tradisional Kota Sawahlunto merupakan salah satu program pemerintah untuk menata ulang, memvitalkan, dan merapikan tata ruang, serta tata kelola pasar yang dilakukan pada awal tahun 2017 dan mulai dioperasionalkan secara normal pada tahun 2018. Revitalisasi yang semulanya mampu memberikan peningkatan-peningkatan, baik itu dari segi lingkungan maupun dalam sektor ekonomi, namun kenyataannya adalah justru keterbalikan. Pendapatan pedagang yang berlokasi di bangunan revitalisasi, cenderung mengalami penurunan yang signifikan ketimbang sebelum dilakukannya revitalisasi. Oleh sebab itu penulis ingin mengetahui bagaimanakah pengaruh revitalisasi pasar tradisional Kota Sawahlunto Terhadap Pendapatan Pedagang, dengan membandingkan pendapatan tiga tahun sebelum dan sesudah dilakukannya revitalisasi tersebut. penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test sebagai alat analisis dibantu dengan perangkat SPSS.20.0. Hasil Penelitian didapatkan bahwa dari 53 orang responden yang merupakan sampel pedagang pasar tradisional Kota Sawahlunto yang berlokasi di bangunan revitalisasi, 45 pedagang mengalami penurunan pendapatan setelah dilakukannya revitalisasi pasar, dan sebanyak 8 orang lainnya mengalami peningkatan. Penelitian ini menunjukan nilai signifikansi 0,000 dan < 0,05. Artinya bahwa memang terjadi perubahan yang signifikan terhadap pendapatan para pedagang pasar tradisional Kota Sawahlunto setelah dilakukannya revitalisasi. Sehingga hasil yang didapati berdasarkan uji Wilcoxon adalah tidak sama dengan H0. Dengan artian bahwa H0 ditolak, dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 30 May 2023 02:33
Last Modified: 30 May 2023 02:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12524

Actions (login required)

View Item View Item