Wali Nikah Bagi Anak Perempuan Dari Hasil Perkawinan yang Tidak Tercatat di KUA Kec. Pauh Duo Kab. Solok Selatan Dalam Perspektif Hukum Islam

Neli, Wirfa Ardi (2022) Wali Nikah Bagi Anak Perempuan Dari Hasil Perkawinan yang Tidak Tercatat di KUA Kec. Pauh Duo Kab. Solok Selatan Dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Wirfa Ardi Neli-1713010049-cover dkk - perpus tarbiyah.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
Wirfa Ardi Neli-1713010049-BAB I - Wirfa Ardi Neli.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
Wirfa Ardi Neli- 1713010049-BAB II - Wirfa Ardi Neli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text (BAB 3)
Wirfa Ardi Neli-1713010049-BAB III - Wirfa Ardi Neli.pdf - Published Version

Download (770kB)
[img] Text (BAB 4)
Wirfa Ardi Neli-1713010049-BAB IV - Wirfa Ardi Neli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text (BAB 5)
Wirfa Ardi Neli-1713010049-BAB V dan Daftar Pustaka - Wirfa Ardi Neli.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Wirfa Ardi Neli-1713010049-full text - perpus tarbiyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terdapat perbedaan pendapat tentang sah dan tidaknya perkawinan yang tidak tercatat, dikarenakan adanya perbedaan penafsiran terhadap ketentuan Pasal 2 Ayat 2 UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinanyang mengharuskan pencatatan perkawinan terpisah dengan ketentuan Pasal 2 Ayat 1 yang mengatur tentang sahnya perkawinan yang harus dilakukan menurut hukum agama dan kepercayaannya. Permasalahan mengenai anak perempuan hasil perkawinan yang tidak tercatat kedua orang tuanya di dalam praktiknya KUA Kec. Pauh Duo menggunakan wali hakim. Adapun permasalahan yang dibahas adalah (1) bagaimana prosedur pelaksanaan kepada mempelai wanita hasil dari pernikahan yang tidak tercatat, (2) bagaimana perspektif hukum Islam terhadap penetapan wali hakim bagi calon mempelai wanita hasil perkawinan yang tidak tercatat kedua orang tuanya. Skripsi ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari subyek penelitian/pengambilan data langsung pada subyek sebagai sumber informasi yang dicari dan sekunder. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Kesimpulan akhir dari skripsi ini adalah (1) Prosedur pelaksanaan penentuan wali bagi calon mempelai wanita hasil pernikahan yang tidak tercatat, yaitu dengan cara pihak KUA (penghulu) meminta calon mempelai untuk mengisi form pendaftaran nikah. Form tersebut sudah lengkap tentang data yang nantinya menjadi syarat dan rukun nikah bagi mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Kemudian KUA (penghulu) meminta kepada orangtua calon mempelai wanita untuk menunjukkan akta nikah mereka. Setelah diketahui bahwa orangtua calon mempelai wanita tidak dapat mebuktikan akta nikah. Maka dari sinilah pihak KUA menyarankan agar kedua orangtua mempelai perempuan untuk melakukan itsbat terlebih dahulu ke pengadilan agama. (2) Perkawinan yang tidak tercatat dan perkawinan tersebut sah karena perkawinannya telah memenuhi syarat dan rukun perkawinan, maka Ayah yang telah melakukan perkawinan sah berhak menjadi wali perkawinan anak perempuannya, dan orangtuanya telah melakukan itsbat ke pengadilan agama atas saran dari pihak KUA Kecamatan Pauh Duo karena sebelumya telah melakukan perkawinan yang tidak tercatat. Kemudian dalam Hukum Positif perkawinan dicatatkan menurut perkawinan UU yang berlaku dengan arti kata perkawinan yang tidak dicatatkan tidak membatalkan perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 30 May 2023 01:51
Last Modified: 30 May 2023 01:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12519

Actions (login required)

View Item View Item