Aspek-Aspek Maysir Dalam Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an di Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Angreini, Yani (2022) Aspek-Aspek Maysir Dalam Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an di Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
yani_angreini_1713030017_cover,dll - Yani Angreini.pdf - Published Version

Download (774kB)
[img] Text (BAB 1)
Yani Angreini_1713030017_Bab I - Yani Angreini.pdf - Published Version

Download (722kB)
[img] Text (BAB 2)
Yani Angreini_1713030017_Bab II - Yani Angreini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
Yani Angreini_1713030017_Bab III - Yani Angreini.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB 4)
Yani_Angreini_1713030017_Bab IV - Yani Angreini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
yani_angreini_1713030017_bab v, daftar pustaka - Yani Angreini.pdf - Published Version

Download (983kB)
[img] Text (FULL TEXT)
yani_angreini_1713030017_fullteks - Yani Angreini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pungutan uang pendaftaran dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang dilakukan oleh panitia. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah aspek maysir dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an di Nagari Lubuk Basung? Terkait dengan rumusan masalah di atas maka pertanyaan penelitian ini yaitu: Pertama, Apa faktor penyebab panitia memunggut uang pendaftaran di Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Kedua adakah aspek-aspek maysir dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an di Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, dan dokumentasi. Pihak yang diwawancarai yaitu: guru mengaji, panitia, pengurus mesjid, dan peserta. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1. Faktor panitia memunggut uang pendaftaran peserta lomba adalah pertama, Faktor kebiasaan dimana masyarakat Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam merayakan hari besar Islam dengan mengadakan Musabaqah Tilawatil Qur’an untuk anak-anak TPQ dan TPA, kedua, Panitia kekurangan sumber dana sehingga panitia meminta uang pendaftaran kepada peserta dan uang pendaftaran tersebut digunakan untuk hadiah peserta yang menang, untuk honor juri, dan penyelenggaran acara. Uang pendaftaran tersebut berkisaran Rp. 40.000.,-(Empat Puluh Ribu) sampai Rp. 50.000,-(Lima Puluh Ribu). 2. Dalam pelaksanaan MTQ di Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam terdapat unsur maysir dalam bentuk uang pendaftaran yang terindikasi sebagari taruhan karena sebagian uang pendaftaran tersebut digunakan untuk hadiah bagi pemenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 29 May 2023 04:33
Last Modified: 29 May 2023 04:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item