Perspektif Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Pakaian dan Peralatan Rumah Tangga Secara Kredit di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Yolla Nurma (2022) Perspektif Fiqh Muamalah Terhadap Jual Beli Pakaian dan Peralatan Rumah Tangga Secara Kredit di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Yolla Nurma Sari_1713030158_Cover;dll - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
Yollla Nurma Sari_1713030158_Bab I - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version

Download (758kB)
[img] Text (BAB 2)
Yolla Nurma Sari_1713030158_Bab II - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
Yolla Nurma Sari_1713030158_Bab III - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version

Download (774kB)
[img] Text (BAB 4)
Yolla Nurma Sari_1713030158_Bab IV - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text (BAB 5)
Yolla Nurma Sari_1713030158_Bab V-Daftar Pustaka - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Yolla Nurma Sari_1713030158_Fulltext - Yolla Nurma Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penjual pakaian dan peralatan rumah tangga secara kredit yang tidak menjelaskan di awal akad berapa kali angsuran dan berapa pembayaran tiap angsuran dan batas waktu pembayaran harus lunas. Sehingga perilaku masyarakat yang membeli secara kredit di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan bersikap seenaknya saja dan menjadi kendala penjual dalam menagih pembayaran cicilan kredit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesadaran hukum masyarakat terhadap jual beli pakaian dan peralatan rumah tangga secara kredit di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Kemudian yang menjadi pertanyaan penelitian adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan jual beli pakaian dan peralatan rumah tangga secara kredit di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan (2) Apa faktor yang mendorong masyarakat di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan membeli pakaian dan peralatan rumah tangga dengan sistem kredit (3) Bagaimana perspektif fiqh muamalah terhadap jual beli pakaian dan peralatan rumah tangga secara kredit di Nagari Sungai Sirah Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dengan pihak yang terkait yaitu penjual dan pembeli. Kemudian data yag diperoleh di analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Setelah penulis menganalisis data dengan mengacu kepada rumusan dan pertanyaaan penelitian, maka disimpulkan bahwa, (1) Pelaksanaan jual beli kredit di nagari Sungai Sirah Air Haji ini berlangsung dengan cara face to face yaitu penjual langsung mendatangi rumah pembeli. Jual beli secara kredit disini tidak dijelaskan mengenai berapa kali angsuran, pembayaran tiap angsuran dan batas waktu pelunasan kredit. (2) Faktor yang mendorong masyarakat membeli pakaian dan peralatan rumah tangga secara kredit di nagari ini yaitu faktor ekonomi, jarak (Geografis), praktis (mudah), harga, dan kebiasaan. (3) Perspektif Fiqh Muamalah terhadap Jual Beli Pakaian dan Peralatan Rumah Tangga Secara Kredit Di Nagari Sungai Sirah Air Haji ini boleh dilakukan karena sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli sebagaimana seharusnya. Mengenai tidak ada kejelasan mengenai sistem pembayarannya dan batas waktu pembayarannya di awal akad tergolong dalsam ‘urf al-Fasid, karena kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat disini bukanlah kebiasaan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 26 May 2023 07:46
Last Modified: 26 May 2023 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item