Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penjualan Kayu yang Ditinggal Pemiliknya (Studi Kasus di Sorek Satu, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan Provinsi. Riau

Mustika, Yona Amelia (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penjualan Kayu yang Ditinggal Pemiliknya (Studi Kasus di Sorek Satu, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan Provinsi. Riau. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Yona Amelia Mustika_1714030136_Cover,dll - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Yona Amelia Mustika_1713030136_BAB I - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version

Download (570kB)
[img] Text (Bab 2)
Yona Amelia Mustika_1713030136_BAB II - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Yona Amelia Mustika_1713030136_BAB III - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (Bab 4)
Yona Amelia Mustika_1713030136_BAB IV - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text (Bab 5)
Yona Amelia Mustika_1713030136_BAB V - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (Fulltext)
Yona Amelia Mustika_1713030136_FullText - Yona Amelia Mustika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan karya ilmiah ini dilatarbelakangi adanya penjualan kayu yang ditinggal oleh pemiliknya di mana pemilik meninggalkan kayu di lahan tanah yang dia sewa dan dia pergi meninggalkan kayu tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penjualan kayu yang ditinggal pemiliknya di Sorek Satu. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini adalah: pertama, bagaimana pelaksanaan jual beli kayu yang ditinggalkan pemiliknya? Kedua, apa latar belakang pemilik tanah menjual kayu yag ditinggalkan pemiliknya? Ketiga, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penjualan kayu yang ditinggalkan pemiliknya? Sedangkan dalam memperoleh data, metode yang digunakan adalah wawancara. kemudian membandingkan data yang didapatkan di lapangan dengan mempelajari buku-buku yang dijadikan referensi sebagai landasan teori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mewawancarai pemilik tanah, pemilik kayu, penyewa baru, istri pemilik tanah, anak pemilik tanah dan tetangga pemilik tanah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan: pertama, pelaksanaan penjualan kayu yang ditinggal pemiliknya, yaitu pemilik tanah penjualan kayu dengan sistem bahwa pembeli atau konsumen datang langsung ke lokasi untuk mebeli kayu yang diinginkan dan jika harga yang ditetapkan telah sesuai terjadilah akad jual beli. Kayu tersebut langsung dibawa oleh pembeli dan dibayar secara tunai. Kedua, latar belakang pemilik tanah menjual kayu yang ditinggal pemiliknya, karena pemilik kayu tidak membayar uang sewa tanahnya sebelum dia pergi dari sana, sementara pemilik sudah beberapa kali menghubungi penyewa, namun dari pihak penyewa tidak dapat melunasi utangnya maka dari itu pemilik tanah menjual kayu itu dengan alasan untuk melunasi utang sewa yang belum dibayarkan. Ketiga: Tinjauan hukum Islam terhadap penjualan kayu yang ditinggal pemiliknya hukumnya dibolehkan, karena pemilik kayu memiliki utang sewa tanah kepada pemilik tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Maizi Latifa Latifa
Date Deposited: 26 May 2023 07:44
Last Modified: 26 May 2023 07:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item View Item