Pertambangan Emas Ilegal Di Kenagarian Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Perspektif Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara)

Kartika, Yuhana (2022) Pertambangan Emas Ilegal Di Kenagarian Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan (Perspektif Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Yuhana Kartika_1813030112_Cover - Yuhana Kartika.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Yuhana Kartika_1813030112_Bab1 - Yuhana Kartika.pdf - Published Version

Download (993kB)
[img] Text (BAB 2)
Yuhana Kartika_1813030112_Bab2 - Yuhana Kartika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text (BAB 3)
Yuhana Kartika_1813030112_Bab3 - Yuhana Kartika.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
Yuhana Kartika_1813030112_Bab4 - Yuhana Kartika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text (BAB 5)
Yuhana Kartika_1813030112_Bab5 - Yuhana Kartika.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Yuhana Kartika_1813030112_Fulltext - Yuhana Kartika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan penambangan emas yang dilakukan secara illegal oleh masyarakat, meskipun secara tegas telah diatur dalam Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, namun tetap saja aktivitas pertambangan emas ilegal masih terus berlanjut. Hal ini membuktikan bahwa Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2012 tidak berlaku efektif di Kenagarian Lubuk Gadang. Untuk itu perlu dilakukan penelitian. Penulis tertarik membahas mengenai: a) Bagaimanakah latar belakang masyarakat melakukan pertambangan emas secara illegal; b) Apa saja faktor penghambat efektifitas Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara di Kenagarian Lubuk Gadang Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Pada penelitian ini penulis mengumpulkan bahan dengan melakukan penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi pada DPMPTSP Kab. Solok Selatan, satuan polisi pamong praja Solok Selatan, Wali Nagari, Penambang, Masyarakat dan tokoh Masyarakat, serta menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, yang melatarbelakangi masyarakat melakukan pertambangan emas secara illegal adalah pertambangan emas sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan secara turun menurun, adanya masalah regulasi, masalah perizinan, kurangnya pembinaan dan pengawasan serta masalah sosial ekonomi. Adapun penyebab Perda ini tidak berlaku efektif adalah Pertama, Faktor hukum atau Undang-undang yang dianggap tidak responsif terhadap kegiatan penambangan. Kedua, faktor penegak hukum yang tidak mengayomi dan menjalankan tugas sebagaimana kewajibannya. Ketiga, minimnya sarana dan prasarana sehingga menghambat jalannya penegakan hukum. Keempat, kurangnya tingkat kepatuhan masyarakat terhadap aturan yang berlaku. Kelima, kegiatan penambangan sudah menjadi kebudayaan bagi masyarakat sehingga sulit dihilangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Ketatanegaraan Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 26 May 2023 07:39
Last Modified: 26 May 2023 07:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item