Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Utang Piutang (Studi Kasus di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan)

Aisyah, Zahwa (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Utang Piutang (Studi Kasus di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Zahwa Ai'syah_1813040028_Cover, dll - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version

Download (909kB)
[img] Text (BAB 1)
Zahwa A'isyah_1813040028_Bab I - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text (BAB 2)
Zahwa A'isyah_1813040028_Bab II - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
Zahwa A'isyah_1813040028_Bab III - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB 4)
Zahwa A'isyah_1813040028_Bab IV - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text (BAB 5)
Zahwa A'isyah_1813040028_Bab V-Daftar Pustaka - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Zahwa_Ai'syah_1813040028_Full_Text - Zahwa A'isyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Praktik Utang Piutang sembako oleh masyarakat Nagari Salido dengan empat toko sembako yaitu toko Itis, toko Nida, toko Iwil dan toko Ridwan dengan tambahan pembayaran sebanyak 15% dari harga awal karena tidak ada kejelasan waktu dalam pembayarannya. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah menganalisa Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Utang Piutang di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini ada dua pertanyaan yaitu: (1) Bagaimana tatacara praktik utang piutang yang dilakukan oleh masyarakat di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan?(2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran utang piutang di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan? Untuk menjawab persoalan tersebut, maka penulis melakukan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data, untuk dapat menarik kesimpulan secara umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) tatacara transaksi utang piutang yang dilakukan oleh masyarakat di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan antara warga dengan empat toko bahan sembako yaitu toko Itis, Toko Nida, Toko Ridwan dan Toko Iwil. Alasan toko memberikan hutang kepada warga adalah karena pihak toko merasa iba dengan kondisi warga yang serba kesusahan mencukupi ekonomi keluarga. (2) Tinjauan hukum Islam tentang Praktek utang piutang yang ada di Salido adalah praktek riba, dikarenakan adanya tambahan pembayaran sebanyak 15% dari harga awal melakukan utang. Serta tidak ada kejelasan akad dan tidak ada kejelasan waktu dalam pelunasannya. Oleh sebab itu praktek utang piutang yang dikembalikan dalam bentuk bunga maka perbuatan ini termasuk haram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 25 May 2023 03:09
Last Modified: 25 May 2023 03:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item