Kesadaran Hukum Suami terhadap Konsekuensi Pengucapan Taklik Talak Pasca Akad Nikah Di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok

Ramadani, Zaskia Tanmela (2022) Kesadaran Hukum Suami terhadap Konsekuensi Pengucapan Taklik Talak Pasca Akad Nikah Di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
ZASKIA TANMELA RAMADANI_NIM 1713010132_COVER D.KK - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
ZASKIA TANMELA RAMADANI_NIM 1713010132_BAB 1 - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version

Download (908kB)
[img] Text (BAB 2)
ZASKIA TANMELA RAMADANI_NIM 1713010132_BAB II - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text (BAB 3)
ZASKIA TANMELA RAMADANI-NIM 1713010132_BAB III - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text (BAB 4)
ZASKIA TANMELA RAMADANI _NIM 1713010132_BAB IV - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] Text (BAB 5)
ZASKIA TANMELA RAMADANI _NIM 1713010132_BAB V - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text (BAB 6)
ZASKIA TANMELA RAMADANI_NIM1713010132_BAB VI -D.PUSTAKA - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
ZASKIA TANMELA RAMADANI _NIM 1713010132_ FULL TEXT - Zaskia Tanmela.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengucapan sighat taklik talak yang sangat penting dalam prosesi ijab qabul untuk mencegah terjadinya perceraian, namun kenyataannya di Nagari Batang Barus masih banyak calon suami yang tidak paham dan mengetahui maksud dan tujuan dari konsekensi hukum dibacakannya sighat taklik talak yang diucapan pasca ijab qabul. Jika kesadaran hukum suami tinggi terhadap isi dari ikrar taklik talak itu maka perceraian akan sulit terjadi. Oleh karena itulah maka perlu diteliti dan diperhatikan lagi bagaimana kesadaran hukum suami serta upaya pihak KUA dalam menjelaskan maksud dan tujuan dari taklik talak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah [1], untuk mengetahui pelaksanaan pengucapan taklik talak pasca akad nikah di Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. [2], untuk mengetahui kesadaran hukum suami di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok terhadap Konsekuensi Pengucapan Taklik Talak. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris yang disebut sebagai penelitian lapangan (field research) karena data yang dibutuhkan peneliti ada di lapangan. Jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, yaitu kepala KUA dan khususnya para suami yang melanggar taklik talak (pelaku). Sumber data sekunder, yaitu data-data yang diperoleh melalui kajian perpustakaan (library reseach). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, yaitu analisis data yang dilakukan dengan cara menguraikan dan menjelaskan data yang diteliti diolah secara rinci ke dalam bentuk kalimat, sehingga akhirnya dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembacaan taklik talak yang ada di Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang adalah sangat variatif disebabkan berbedanya tingkat golongan masyarakat sehingga menyebabkan berbedanya tingkat pemahaman terhadap taklik talak. (2) Kesadaran hukum suami isteri terhadap pelaksanaan talik talak di Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang cukup variatif yaitu ada yang paham, kurang paham dan tidak paham. (3) Pembacaan taklik talak di Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang belum sesuai dengan perspektif hukum positif karena kebanyakan dari masyarakat tidak mengetahui tentang adanya taklik talak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 25 May 2023 02:18
Last Modified: 25 May 2023 02:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item