PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP N SE-KECAMATAN KUOK

FITRA, FITRA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP N SE-KECAMATAN KUOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img]
Preview
Text (cover,persetujuan pembimbing,pengesahan penguji,abrsrak)
KOVER DLL.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
9.BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
10.BAB II.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (BAB III)
11.BAB III.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (BAB IV)
12.BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
13.BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penerapan Pendekatan Rasional dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok”. Ditulis oleh Fitra, Bp 412.393 Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan seperti; masih banyak peserta didik yang belum bisa memahami materi yang di ajarkan oleh pendidik. Kurangnya pemahaman yang bersifat pendekatan rasional yang mestinya dibutuhkan bagi peserta didik, di dalam pembelajaran pendidikan agama islam membutuhkan pendekatan rasional karena peserta didik akan menerima pemahaman pembelajaran PAI yang tidak rasional jikalau guru tidak melakukan pendekatan rasional. Kenyataan mengatakan bahwa masih jauh dengan harapan awal, yakni mencetak manusia yang sebenar-benarnya manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penerapan pendekatan ini bagaimana penerapan rasional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah: a. Penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan. b. analisis pendekatan rasional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. c. Kendala penerapan pendekatan pendekatan rasional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: a. Memahami pendekatan rasional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. b. mengetahui penerapan pendekatan rasional mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. c. mengetahui kendala penerapan pendekatan pendekatan rasional mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara yang diajukan kepada guru bidang studi PAI, peserta didik kelas VII SMP N Sekecamatan Kuok. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa di SMP Negeri 1 Kuok penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran PAI bahwa guru PAI mampu memberikan penerapan pendekatan rasional kepada peserta didik dengan baik. Di SMP Negeri 2 Kuok penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran PAI bahwa guru PAI berupaya memberikan penerapan pendekatan rasional kepada peserta didik tetapi peserta didik memahami belum memuaskan hasil bagi guru PAI, di SMP Negeri 3 kuok penerapan pendekatan rasional dalam pembelajaran PAI bahwa guru PAI kurang memahami pendekatan rasional yang seharusnya dibutuhkan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:40
Last Modified: 08 Jun 2018 03:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item