Praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia: ditinjau dari hukum kewarisan Islam: Studi kasus di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Afrinaldi, - (2021) Praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia: ditinjau dari hukum kewarisan Islam: Studi kasus di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
AFRINALDI_1920040024_COVER,dll - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
AFRINALDI_1920040024_BAB I - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version

Download (907kB)
[img] Text
AFRINALDI_1920040024_BAB II - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AFRINALDI_1920040024_BAB III - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text
AFRINALDI_1920040024_BAB IV - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AFRINALDI_1920040024_BAB V - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version

Download (865kB)
[img] Text
AFRINALDI_1920040024_FULLTEXT - afrinaldi12 putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Afrinaldi, 1920040024, “PRAKTIK PEMBAGIAN KEWARISAN HARTA BAWAAN SUAMI ATAU ISTERI YANG TELAH MENINGGAL DUNIA DITINJAU DARI HUKUM KEWARISAN ISLAM (Studi Kasus di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman)” Tesis: Jurusan Hukum Keluarga Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2021. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kedudukan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, (2) Bagaimana praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, dan (3) Bagaimana pandangan hukum Islam mengenai praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana kedudukan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, (2) Untuk mengetahui praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara, (3) Untuk mengetahui pandangan hukum Islam mengenai praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif, dengan jenis penelitian Antropologi Hukum, dengan menggunakan Analisis Komparatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kedudukan harta bawaan suami atau isteri yang telah meninggal dunia, para Ninik Mamak di Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman sepakat, bahwa harta bawaan suami atau isteri yang meninggal dunia merupakan milik pribadi si mayit dan milik sanak family keluarga si mayit, (2) Praktik pembagian kewarisan harta bawaan suami atau isteri yang meninggal dunia di Kecamatan Pariaman Utara menjelaskan, ayah atau ibu dari suami atau isteri yang meninggal dunia mendapatkan 2/3 bagian dari harta yang ditinggalkan, jika meninggalkan anak (cucu). Namun, apabila si mayit tidak meninggalkan anak, maka seluruh harta bawaan si mayit dikembalikan kepada lambung suami atau isteri yang telah meninggal dunia, dari pihak ibu. Apabila si mayit memiliki kakak, adik atau kemenakan, mereka bisa mendapatkan harta bawaan si mayit 1/6, ¼, atau 1/3, sebagai “baso basi atau “raso dan pareso” dari ayah atau ibu si mayit. Tujuannya, agar tidak ada terjadi penuntut nantinya atau perkelahian antar keluarga si mayit. (3) Menurut hukum kewarisan Islam yang sebagaimana huruf ” م “ yang terdapat di dalam surat an-Nisa’ ayat 7 makna ( َمِّمَّا تَرَك) mengandung arti “apa-apa” yang juga masih bersifat umum dan mencakup semua harta yang ditinggalkan oleh seseorang yang meninggal dunia, miskipun harta itu merupakan harta bawaan suami atau isteri. Sebab hukum Islam tidak mengenal adanya harta bawaan suami atau isteri, karena setiap harta yang ditinggalkan oleh si mayit merupakan harta warisan tanpa harus dipandang dari mana sumber harta itu berasal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Waris Islam, Faraid
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Hukum Keluarga
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 24 May 2023 02:07
Last Modified: 24 May 2023 02:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item