Nurvia Ardiyanti (2022) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS BERMAIN PERMAINAN DARING DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Nurvia Ardiyanti_1715040018_bab I - Nurvia Ardiyanti.pdf Download (260kB) |
|
Text
NURVIA ARDIYANTI_1715040018_bab II - Nurvia Ardiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
NURVIA ARDIYANTI_1715040018_bab III - Nurvia Ardiyanti.pdf Download (266kB) |
|
Text
NURVIA ARDIYANTI_1715040018_bab IV - Nurvia Ardiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
NURVIA ARDIYANTI_1715040018_bab V - Nurvia Ardiyanti.pdf Download (59kB) |
|
Text
nurvia ardiyanti_1715040018_COVER DLL - Nurvia Ardiyanti.pdf Download (700kB) |
|
Text
NURVIA ARDIYANTI_1715040018_FULL TEXT - Nurvia Ardiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Hubungan antara Intensitas Bermain Permainan Daring dengan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja di SMK Negeri 1 Sumatera Barat” ini disusun oleh Nurvia Ardiyanti dengan NIM 1715040018, Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ditemui oleh peneliti yaitu banyaknya remaja yang ditemui saat ini sering bermain permainan daring. Bermain permainan daring yang secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penurunan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa tingkat intensitas bermain permainan daring, seberapa tingkat kesejahteraan psikologis, dan apakah ada hubungan antara intensitas bermain permainan daring dengan kesejahteraan psikologis pada remaja di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala intensitas bermain permainan daring dan skala kesejahteraan psikologis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 207 orang responden. Menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu uji korelasi pearson dan analisis dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian dalam penelitian ini ditolak, dengan nilai signifikansi sebesar 0.969 yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan signifikansi dari kedua variabel tersebut. Hal ini dimungkinkan karena ada faktor lain, yaitu factor lingkungan, faktor sosial, factor psikologis, factor sosial kultural, dan pola asuh, yang lebih mempengaruhi kesejahteraan psikologis siswa/i dibandingkan intensitas bermain permainan daring yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Tingkat intensitas bermain permainan daring yang rendah dengan presentase sebesar 57.8% sebanyak 94 responden dan tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi dengan presentase sebesar 63.8% sebanyak 132 responden. KATA KUNCI: Intensitas bermain permainan daring, kesejahteraan psikologis vi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensitas bermain permainan daring, kesejahteraan psikologis |
Subjects: | U Umum (General) > Psikologi Bilingualisme |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama |
Depositing User: | Armen Arfat Pustakawan |
Date Deposited: | 24 May 2023 01:59 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:02 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12463 |
Actions (login required)
View Item |