Efektivitas distribusi pupuk bersubsidi ditinjau dari fikih muamalah di Nagari Lubuk Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Yogi Prasetia M.Z., - (2023) Efektivitas distribusi pupuk bersubsidi ditinjau dari fikih muamalah di Nagari Lubuk Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_COVER - Yogi Prasetia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_BAB I - Yogi Prasetia.pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_BAB II - Yogi Prasetia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_BAB III - Yogi Prasetia.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_BAB IV - Yogi Prasetia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_BAB V-Daftar Pustaka - Yogi Prasetia.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text
YOGI PRASETIA M.Z_1813040123_FULL TEXT - Yogi Prasetia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Distribusi Pupuk Bersubsidi Ditinjau dari Fikih Muamalah di Nagari Lubuk Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan”. Ditulis oleh Yogi Prasetia NIM 1813040123 Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh program pupuk bersubsidi dari Dinas Pertanian yang disalurkan melalui agen pengecer kepada kelompok tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama, pelaksanaan distribusi pupuk bersubsidi di Nagari Lubuak Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Kedua, efektivitas distribusi pupuk di Nagari Lubuak Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Ketiga, tinjauan dari fikih muamalah terhadap efektivitas distribusi pupuk Bersubsidi di Nagari Lubuak Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan adalah data primer, data yang didapat langsung dari informan penelitian yaitu agen pengecer, ketua kelompok tani dan para anggota kelompok tani dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder berupa buku, kitab fikih, dokumen, dan data lain-lainya. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode deduktif kualitatif dan dirumuskan dalam bentuk kalimat. Temuan dari hasil penelitian ini adalah: Pertama, pelaksanaan distribusi pupuk bersubsidi di Nagari Lubuak Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan melalui agen pengecer. Penyaluran Pupuk bersubdi tidak hanya disalurkan kepada masyarakat di Nagari Lubuak Gadang Tenggara yang tergabung dalam kelompok tani tapi juga disalurkan kepada masyarakat di luar Nagari Lubuak Gadang Tenggara. Kedua, efektivitas pendistribusian pupuk di Nagari Lubuak Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan tidak efektif karena indikator- indikator efektivitas seperti ketepatan dalam menentukan tujuan dan ketepatan sasaran belum terpenuhi. Ketiga, pendistribusi pupuk bersubsidi di Nagari Lubuak Gadang Tenggara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan ditinjau dari fikih muamalah tidak sesuai dengan prinsip keadilan dan mengandung unsur monopoli dalam pendistribusian sehingga tujuan dan sasaran dari program pupuk bersubsidi tidak tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelompok tani, Nagari Lubuak Gadang, pupuk bersubsidi
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:37
Last Modified: 12 Apr 2023 07:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item