Kesadaran hukum masyarakat dalam menyalurkan hak aspirasi melalui Bamus: Studi kasus polemik pembangunan jembatan di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji Pesisir Selatan

Yova Oktalia Fahmi, - (2023) Kesadaran hukum masyarakat dalam menyalurkan hak aspirasi melalui Bamus: Studi kasus polemik pembangunan jembatan di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Yova Oktalia Fahmi_1813030136_Cover,dll - Yova Oktalia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Yova Oktalia Fahmi_1813030136_BAB I - Yova Oktalia.pdf - Published Version

Download (703kB)
[img] Text
Yova Oktalia Fahmi_1813030136_BAB II - Yova Oktalia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
Yova Oktalia Fahmi_1813030136_BAB III - Yova Oktalia.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
Yova Oktalia Fahmi_1813030136_BAB IV - Yova Oktalia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
Yova Oktalia Fahmi_1813030136_BAB V-Daftar Pustaka - Yova Oktalia.pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text
YOVA OKTALIA FAHMI_1813030136_FULL TEXT - Yova Oktalia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kesadaran Hukum Masyarakat dalam Menyalurkan Hak Aspirasi Melalui Bamus (Studi Kasus Polemik Pembangunan Jembatan di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji Pesisir Selatan)”. Ditulis oleh Yova Oktalia Fahmi NIM 1813030136. Prodi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari’ah, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran hukum masyarakat di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji dalam menyalurkan hak aspirasi terhadap Bamus Nagari sehingga muncul permasalahan nagari antara masyarakat dan pemerintah nagari dalam suatu rancangan pembangunan di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji. Adapun pertanyaan penelitian: 1. Apa faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat Nagari Pasar Lama Muara Air Haji dalam menyalurkan hak aspirasi melalui Bamus Nagari. 2. Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Bamus Nagari Pasar Lama Muara Air Haji untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam menyalurkan hak aspirasi pembbangunan di nagari?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field reseach). Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari responden melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deksriptif yaitu suatu cara mengolah data yang dirumuskan dalam kata-kata atau kalimat. Data sekunder diperoleh dari buku-buku yang terkait dengan penelitian dan perundang-undangan. Hasil dari penelitian ini adalah; 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum masyarakat dalam menyalurkan hak aspirasi melalui bamus ialah; pertama, kurang maksimalnya sosialisasi pemerintah di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji disebabkan oleh susahnya mengajak masyarakat berkumpul untuk musyawarah. Kedua, rendahnya tingkat pendidikan, sehingga banyak masyarakat yang tidak paham dengan fungsi Bamus Nagari, lebih suka ikut-ikutan dari pada menyampaikan hak aspirasi mereka sendiri. Ketiga, kurangnya antusias masyarakat di Nagari Pasar Lama Muara Air Haji. 2. Upaya yang dilakukan Bamus Nagari Pasar Lama Muara Air Haji untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam menyalurkan hak aspirasi pembangunan nagari yaitu; pertama, selalu berusaha melakukan sosialisasi kepada masyarakat Nagari. Kedua, melakukan himbauan kepada masyarakat himbauan disini sebagai suatu peringatan kepada masyarakat mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Ketiga, menyediakan sarana dan fasilitas pendukung untuk masyarakat. seperti ruang rapat yang cukup memadai beserta perlengkapan lain yang diperlukan. Keempat, selalu melibatkan masyarakat dalam kegiatan apapun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Hukum, masyarakat, Bamus
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:16
Last Modified: 12 Apr 2023 07:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item