PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO ASSET RATIO (DAR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM), FIXED ASSET TURNOVER (FATO), DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TATO) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2018-2021

DANA NOKELADIO, NOKELADIO (2022) PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO ASSET RATIO (DAR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), NET PROFIT MARGIN (NPM), FIXED ASSET TURNOVER (FATO), DAN TOTAL ASSET TURNOVER (TATO) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) TAHUN 2018-2021. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (full text)
41. Dana Nokeladio_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dana Nokeladio, NIM. 1816030110, dengan judul skripsi: “Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Fixed Asset Turnover (FATO), Total Asset Turnover (TATO) terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2018-2021”. Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Manajemen keuangan membicarakan tentang pengelolaan keuangan yang pada dasarnya, dapat dilakukan dengan baik oleh individu, perusahaan, maupun pemerintah dengan keputusan yang diambil dari manajer keuangan untuk meningkatkan kemakmuran pemilik emiten ditunjukkan dengan meningkatnya laba perusahaan. Perusahaan pastinya menginginkan adanya peningkatan laba yang diperoleh setiap tahunnya. Peningkatan dan penurunan laba tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan laba. Salah satu cara memprediksi laba perusahaan adalah menggunakan rasio keuangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2018-2021. Variabel bebas pada penelitian ini adalah dari Curremt Ratio (CR), Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Fixed Asset Turnover (FATO), dan Total Asset Turnover (TATO). Varіabеl tеrіkat dalam pеnеlіtіan іnі adalah Pеrtumbuhan Laba. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengolah angka yang sumber datanya berasal dari data sekunder. Data sekunder ini berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi pada tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu. Tеknіk analіsіs yang dіgunakan adalah dеngan mеlaluі pengujian analіsіs data, pеngujіan asumsі klasіk, analіsіs rеgrеsі lіnеar bеrganda, pеngujіan hіpotеsіs, dan ujі koеfіsіеn dеtеrmіnasі (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Curremt Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan, variabel Debt to Asset Ratio (DAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan, variabel Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan, variabel Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan, variabel Fixed Asset Turnover (FATO) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, dan variabel Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:45
Last Modified: 11 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item