ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI PANTAI SASAK KABUPATEN PASAMAN BARAT

DAENG SUNDAVA, SUNDAVA (2022) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN PELAYANAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI PANTAI SASAK KABUPATEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
39. Daeng sundava.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Promosi dan Pelayanan Pariwisata Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Di Pantai Sasak Kabupaten Pasaman Barat” disusun oleh Daeng Sundava, NIM 1816030084 Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Perkembangan pariwisata di Indonesia yang semakin meningkat salah satunya di Pasaman Barat dibutuhkan pengelolaan dan pengembangan yang baik, terutama di Pantai Sasak. Pantai Sasak adalah salah satu pantai yang memiliki daya tarik, namun belum maksimalnya Strategi Promosi dan Pelayanan yang dilakukan sehingga jumlah pengunjung setiap tahunnya menjadi tidak stabil. Hal itu harus dikembangkan dan diperbaiki terutama pada strategi promosi dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dan pelayanan yang digunakan oleh pengelola Pantai Sasak dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan sekunder Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan jenis snowball sampling. Dan analisis data menggunakan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, strategi promosi yang dilakukan meliputi personal selling yaitu mengajak teman-teman dan keluarga dari luar daerah secara langsung. Periklanan meliputi media elektronik, media sosial, dan media cetak. Publisitas bekerja sama dengan pihak media cetak dan elektronik. Salles promotion mengadakan event-event dan hiburan. Direct marketing melakukan promosi secara langsung tanpa melalui perantara kepada pengunjung. Sedangkan pelayanan menerapkan tangibles melakukan perawatan fasilitas, menjaga kebersihan pantai. Reliability meliputi penyampaian pelayanan yang jelas dalam penggunaan wahana. Responsiveness melayani pengunjung dengan cepat dan tanggap. Assurance dengan memberikan jaminan keamanan dan rasa sopan santun. Empathy memberikan sikap perhatian dan peka akan kebutuhan pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:34
Last Modified: 11 Apr 2023 03:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12439

Actions (login required)

View Item View Item