“Pengaruh Objek Wisata Konservasi Penyu Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Nagari Amping Parak Kabupaten Pesisir Selatan 2017-2019

Karnaini, Melu and Martias, Martias and Yulniza, Yulniza (2022) “Pengaruh Objek Wisata Konservasi Penyu Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Nagari Amping Parak Kabupaten Pesisir Selatan 2017-2019. Skripsi thesis, FAH UIN IB.

[img] Text
Melu Karnaini_1711020118_Bab I - melu Karnaini.pdf

Download (704kB)
[img] Text
Melu Karnaini_1711020118_Bab II - melu Karnaini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
Melu Karnaini_1711020118_Bab III - melu Karnaini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Melu Karnaini_1711020118_Bab IV - melu Karnaini.pdf

Download (182kB)
[img] Text
MELU KARNAINI_1711020118_Fulltext - melu Karnaini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
MELU KARNAINI_1711020118_Cover, dll - melu Karnaini.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Melu Karnaini_1711020118_DAFTAR PUSTAKA - melu Karnaini.pdf

Download (261kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang kehidupan perekonomian masyarakat dan lebih difokuskan kepada: bagaimana sejarah terbentuknya objek wisata konservasi penyu di nagari Amping Parak, bagaimana perkembangan objek wisata konservasi penyu di nagari Amping Parak. bagaimana pengaruh objek wisata konservasi penyu terhadap kehidupan ekonomi masyarakat nagari Amping parak, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejarah terbentuknya objek wisata konservasi penyu di nagari Amping Parak, perkembangan objek wisata konservasi penyu di nagari Amping Parak dan pengaruh objek wisata konservasi penyu terhadap kehidupan ekonomi masyarakat nagari Amping parak, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Hal pertama yang dilakukan adalah Langkah heuristik yaitu mencari dan mengumpulkan sumber yang diperlukan seperti data lapangan (wawancara, dan dokumentasi), perpustakaan, jurnal, skripsi dan internet. Kemudian melakukan kritik sumber yang bertujuan untuk menyeleksi data sehingga diperoleh fakta dan valid. Langkah selanjutnya sintesis data tahap ini dilakukan pemilah atau penguraian burit-butir informasi lain ke dalam unit-unit analisis sesuai dengan tujuan rekonstruksi sejarah yang diinginkan. Langkah terakhir penulisan yaitu penulisan karya ilmiah yang berpedoman kepada penulisan karya ilmiah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa objek wisata konservasi penyu mulai dikenal masyarakat tahun 2016 dan dijadikanobjekwisatatahun 2017. Perkembangan objek wisata konservasi penyu sangat pesat. Ada begitu banyak pengunjung yang datang ke objek wisata konservasi penyu. Sarana yang dimiliki gerbang masuk, jembatan menuju tempat konservasi, rumah penginapan bagi tamu yang datang dari jauh, toilet, mushola, dan tempat bermain untuk anak-anak yang datang. Objek wisata konservasi penyu memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan perekonomian masyarakat, karena dengan adanya objek wisata konservasi penyu perekonomian masyarakat menjadi meningkat. Dan mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Objek wisata konservasi penyu memberikan andil yang cukup besar karena masyarakat yang awalnya hanya berpenghasilan kecil bisa membuka usaha di objek wisata konservasi penyu dan bisa mencukupi dari penghasilan yang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sejarah, konservasi penyu, perkembangan, pengaruh
Subjects: F History United States, Canada, Latin America > F001 United States local history
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Delvalina Del Pustakawan
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:52
Last Modified: 11 Apr 2023 02:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12434

Actions (login required)

View Item View Item