ERJA SAMA BAGI HASIL "PATIGOAN" ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI PENGGARAP DAN BURUH TANI DI NAGARI KOTO SANI KECAMATAN X KOTO SINGKARAK

AYU SEPRIANI, SEPRIANI (2022) ERJA SAMA BAGI HASIL "PATIGOAN" ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PETANI PENGGARAP DAN BURUH TANI DI NAGARI KOTO SANI KECAMATAN X KOTO SINGKARAK. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
30. Ayu Sepriani_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : “Kerja Sama Bagi Hasil “Patigoan” Analisis Perbedaan Tingkat Kesejahteraan Petani Penggarap Dan Buruh Tani Di Nagari Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak” disusun oleh Ayu Sepriani, NIM 1816010103 Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelian ini bertujuan untuk menguji perbedaan tingkat kesejahteraan petani penggarap yang menerapkan sistem bagi hasil patigaon dan buruh tani dilihat dari tingkat pendapatan, konsumsi, keadaan dan fasilitas tempat tinggal, akses pendidikan anak, dan akses kesehatan dan pelayanan tenaga medis/paramedis. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Penelitian dilakukan pada ulan Januari-februari 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masayarakat yang berprofesi sebagai petani di nagari Koto Sani. Jumlah sampel sebanyak 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik pusposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskripstif, uji independent sample T dan uji mann whitney. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan antara lain: 1) pada sistem bagi hasil Patigoan ketentuan yang berlaku adalah 1/3 untuk pemilik lahan sedangkan 2/3 lagi untuk penggarap. Jika dalam kerja sama tersebut terjadi gagal panen atau pendapatan berkurang dari biasanya tetap dikeluarkan 1/3 untuk petani pemilik. 2) ada perbedaan tingkat pendapatan anatara petani penggarap dan buruh tani. 3) ada perbedaan tingkat konsumsi antara petani penggarap dan buruh tani. 4) ada perbedaan keadaan dan fasilitas tempat tinggal antara petani penggarap dan buruh tani. 5) ada perbedaan akses pendidikan anak anatara petani penggarap dan buruh tani. 6) ada perbedaan akses kesehatan dan pelayanan tenaga medis/paramedis antara petani penggarap dan buruh tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:53
Last Modified: 10 Apr 2023 02:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12424

Actions (login required)

View Item View Item