ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT CALON NASABAH BERTRANSAKSI DI BANK NAGARI SYARIAH CABANG PEMBANTU KOTA PARIAMAN

ARAS BUANA PUTRI, ARAS (2022) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT CALON NASABAH BERTRANSAKSI DI BANK NAGARI SYARIAH CABANG PEMBANTU KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
24. Aras Buana Putri_1816050074_fulltext .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Calon Nasabah Bertransaksi Di Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Kota Pariaman” menggunakan penelitian kuantitatif untuk menjawab rumusan masalah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat calon nasabah dan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap minat calon nasabah bertransaksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas serta uji analisis faktor. Pengumpulan datanya dengan menyebarkan kuisioner dan dokumentasi. Kemudian pengambilan sampelnya dengan teknik insidental sampling di mana teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan seseorang yang dipandang merupakan bersangkutan layak di jadikan sumber data. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terdapat 14 indikator yang dapat mempengaruhi minat calon nasabah bertansaksi, yang mencakup 6 faktor yang terbentuk yaitu Pertama, faktor pengetahuan mempunyai nilai sebesar 21,051, yang memiliki 3 indikator meliputi pengetahuan tentang karakteristik produk/jasa, pengetahuan tentang manfaat produk/jasa, pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan oleh produk/jasa bagi nasabah. Kedua, faktor lokasi mempunyai nilai sebesar 12,589, yang memiliki 2 indikator meliputi arus lalu lintas menuju lokasi lancar, tempat yang strategis dan mudah di jangkau. Ketiga, faktor promosi mempunyai nilai sebesar 11,027, yang memiliki 2 indikator meliputi periklanan dan promosi penjualan. Keempat, faktor bauran promosi mempunyai nilai sebesar 10,313, yang memiliki 2 indikator meliputi kehumasan dan penjualan pribadi. Kelima, faktor reputasi mempunyai nilai sebesar 7,472, yang memiliki 2 indikator meliputi situasi dan kondisi lingkungan yang aman, kemudahan diingat. Keenam, faktor keyakinan mempunyai nilai sebesar 7,175, yang smemiliki 3 indikator meliputi kedekatan lokasi bank dengan pusat keramaian, keyakinan nasabah akan produk yang baik dan halal, pemahaman terhadap prinsip agama. Dari 6 faktor yang terbentuk, terdapat faktor yang paling dominan mempengaruhi minat yaitu faktor pengetahuan yang memiliki nilai 21,051. Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor pengetahuan sangat berpengaruh terhadap minat calon nasabah bertransaksi. Berdasarkan hasil penelitian, untuk pihak Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Kota Pariaman agar lebih memperluas sumber informasi serta faktor pengetahuan mengenai produk/jasa yang ditawarkan agar dapat menarik minat calon nasabah untuk bertransaksi di Bank Nagari Syariah Cabang Pembantu Kota Pariama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:31
Last Modified: 06 Apr 2023 02:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item