Vanesha Humairah (2023) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG SENSE OF HUMOR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Vanesha Humairah_1815040071_BAB 1 - Vanesha Humairah.pdf Download (169kB) |
|
Text
Vanesha Humairah_1815040071_BAB II - Vanesha Humairah.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
Vanesha Humairah_1815040071_BAB III - Vanesha Humairah.pdf Download (323kB) |
|
Text
Vanesha Humairah_1815040071_BAB IV - Vanesha Humairah.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
Vanesha Humairah_1815040071_BAB V-Daftar Pustaka - Vanesha Humairah.pdf Download (225kB) |
|
Text
Vanesha Humairah_1815040071_Cover,dll - Vanesha Humairah.pdf Download (542kB) |
|
Text
Vanesha Humairah_1815040071_Fulltext - Vanesha Humairah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Vanesha Humairah, NIM: 1815040071, “Hubungan Persepsi Siswa tentang Sense of Humor guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika”, Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Tahun 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika di MAN 1 Kota Padang. Dari fenomena tersebut penelitian ini ingin melihat hubungan antara sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MAN 1 Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MAN 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Kota Padang yang berjumlah 809 siswa. Sampel dalam penelitian ini 268 siswa. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling, kemudian diukur menggunakan skala sense of humor dan skala motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment dengan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara sense of humor dengan motivasi belajar. Hasil analisis kategori sense of humor dan motivasi belajar berada pada kategori tinggi. Hasil uji korelasi dari pearson product moment menunjukkan korelasi sebesar 0.347 dan sig = 0.000, yang berarti ada hubungan positif antara kedua variabel. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat sense of humor guru maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: sense of humor, motivasi belajar, pembelajaran matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sense of humor, motivasi belajar, pembelajaran matematika |
Subjects: | U Umum (General) > Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama |
Depositing User: | Armen Arfat Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:45 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:45 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12402 |
Actions (login required)
View Item |