PERNAH PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) MEKAAR SYARIAH DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KENAGARIAN GURUN PANJANG UTARA KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

ANGGI MAITIKA PUTRI, MAITIKA PUTRI (2022) PERNAH PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) MEKAAR SYARIAH DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KENAGARIAN GURUN PANJANG UTARA KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
17. Anggi Maitika Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Peran Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syariah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Di Kenagarian Gurun Panjang Utara, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan” disusun oleh Anggi Maitika Putri Nim 1816010017. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurangan modal yang alami oleh para pelaku usaha terkhususnya masyarakat di Kenagarian Gurun Panjang utara. Modal menjadi salah satu kendala yang sering tejadi dalam mengembangkan usaha atau membentuk suatu usaha. Dengan tidak adanya modal maka produktivitas dari suatu usaha akan menurun. Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syariah dalam hal ini hadir untuk memberikan pelayanan pembiayaan guna memberdayakan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syariah dalam memberdayakan ekonomi masyarakat di kenagarian Gurun Panjang Utara Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan serta apakah pemberdayaan yang dilakukan benar adanya atau tidak. Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syariah begitu besar dalam memberdayakan ekonomi masyarakat di kenagarian Gurun Panjang Utara. Hal itu terlihat dari mulai bermunculannya usaha-usaha baru yang didirikan masyarakat serta meningkatnya kehidupan perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:47
Last Modified: 05 Apr 2023 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item