PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH

AMARA FITRIANI AJI, AMARA (2022) PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
14. Amara Fitriani Aji.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang operasionalnya dan berbagai produknya dikembangkan berlandaskan syari’ah Islam. Persepsi adalah proses pemahaman yang diperoleh seseorang melalui panca indra yang selanjutnya di analisa sehingga mendapatkan makna yang sebenarnya. Persepsi seseorang dapat timbul dari pengalaman yang telah diperolehnya, baik yang dilakukan sendiri maupun kesan dari orang lain. Pengetahuan konsumen tentang informasi perbankan syariah akan memberikan dampak terhadap perilaku konsumen. Sehingga seseorang yang memiliki persepsi dan pengetahuan yang baik tentang perbankan syariah maka akan semakin besar kemungkinannya untuk memilih menjadi nasabah di bank syariah. Sedangkan pengetahuan adalah apa yang diketahui atau hasil pekerjaan tahu. Pekerjaan tahu tersebut adalah hasil dari kenal, sadar, insaf, mengerti, dan pandai. Dengan demikian pengetahuan merupakan hasil proses dari usaha manusia untuk tahu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang dengan tujuan mengetahui pengaruh persepsi dan pengetahuan terhadap keputusan menjadi nasabah pada bank syariah. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi liner berganda. Berdasarkan hasil penelitan yang diolah dengan menggunakan Aplikasi Mixrosoft Exsel dan SPSS 22 dapat diketahui bahwa variabel persepsi dan pengetahuan memiliki pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel persepsi dan pengetahuan memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan menjadi nasabah di bank syariah sebesar 20,5%, sedangkan sisanya sebesar 79,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:32
Last Modified: 05 Apr 2023 02:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item