ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN INDUSTRI KERAJINAN SULAMAN TANGAN DI KECAMATAN PARIAMAN UTARA KOTA PARIAMAN

AFRILISA WIDYA PUSPITA, AFRILISA (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN INDUSTRI KERAJINAN SULAMAN TANGAN DI KECAMATAN PARIAMAN UTARA KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Full Text)
8. Afrilisa Widya Puspita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Industri Kerajinan Sulaman Tangan di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman yang disusun oleh Afrilisa Widya Puspita (1816010137) mahasiswa prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Pendapatan merupakan hasil yang didapatkan dari suatu usaha yang telah dikerjakan. Pendapatan diperoleh dari jumlah uang yang diterima oleh seseorang selama periode tertentu. Setiap pengusaha memproduksi suatu barang dan jasa dengan tujuan memperoleh laba maksimal dan menghindari kerugian untuk memperoleh pendapatan yang diharapkannya. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dari industri kerajinan sulaman tangan diantaranya seperti faktor modal, tenaga kerja, lama usaha dan lokasi usaha terhadap pendapatan industri kerajinan sulaman tangan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, tenaga kerja, lama usaha dan lokasi usaha terhadap pendapatan industri kerajinan sulaman tangan di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pengrajin industri sulaman tangan. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Berdasarkan uji t pada modal nilai thitung > ttabel yaitu 5,136 > 1,99210 dan memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, artinya modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Uji t pada tenaga kerja nilai thitung > ttabel yaitu 2,009 > 1,99210 dan memiliki tingkat signifikansi 0,048 < 0,05, artinya tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Uji t pada lama usaha thitung > ttabel yaitu 2,268 > 1,99210 dan memiliki tingkat signifikansi 0,026 < 0,05, artinya lama usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Uji t pada lokasi usaha thitung > ttabel yaitu 2,141 > 1,99210, dan memiliki tingkat signifikansi 0,035 < 0,05, artinya lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 2,268 > 2,49 dan memiliki tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini menjelaskan bahwa secara simultan modal, tenaga kerja, lama usaha dan lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengusaha industri kerajinan sulaman tangan di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:29
Last Modified: 04 Apr 2023 02:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12376

Actions (login required)

View Item View Item