Pemberdayaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Aceh

Fatimah, - (2022) Pemberdayaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
FATIMAH_2020050015_COVER - Fatim Fatimah.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text
FATIMAH_2020050015_BAB 1 - Fatim Fatimah.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
FATIMAH_2020050015_BAB II - Fatim Fatimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
FATIMAH_2020050015_BAB III - Fatim Fatimah.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
FATIMAH_2020050015_BAB IV - Fatim Fatimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
FATIMAH_2020050015_BAB V - DAFTAR PUSTAKA - Fatim Fatimah.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
FATIMAH_2020050015_FULL TESIS - Fatim Fatimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong dan mendukung masyarakat agar terlepas dari belenggu kemiskinan. Salah satu urgensi pemberdayaan yang sangat penting untuk dilakukan yaitu upaya pemberdayaan ekonomi, pemerintah harus mempunyai komitmen yang kuat tehadap pemberdayaan ekonomi, hal ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kemiskinan Desa. Salah satu upaya pemberdayaan ekonomi yang dilakukan pemerintah yaitu melalui BUMG. BUMG merupakan unit Usaha Milik Gampong, maka dari itu BUMG harus menjadi pilar terdepan di setiap Gampong agar mendapatkan area profit untuk bisa melakukan kegiatan pemberdayaan. Manajemen BUMG harus berangkat dari permasalahaan, menentukan kebutuhan masyarakat, menggarap potensi yang dimiliki, menentukan harga jual kompetitif dan yakin mampu dijangkau oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Pemberdayaan Badan Usaha Milik Gampong Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Gampong Sapik Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Aceh, dengan mengunakan 4 indikator pemberdayaan menurut Sriyana, adapun indikator tersebut yaitu: 1).Akses informasi yang didapatkan oleh masyarakat terkait peluang dan kebijakan dari pemerintah pada BUMG, 2).Keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan BUMG, 3).Pertangungjawaban Terhadap Dana Yang Dikelola Oleh BUMG kepada Masyarakat, 4).Kapasitas masyarakat dalam mengorganisir kemampuan sehingga dapat mengerakan potensi yang mereka miliki guna mengatasi public problem (masalah public) pada BUMG. Penelitian ini menggunakan pendekatan Naturalistik, dengan metode kualitatif, penelitian ini termasuk dalam Field Reaserch, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dan kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan dari 4 indikator pemberdayaan secara fakta di lapangan BUMG Sapik sudah sesuai dengan 4 indikator tersebut. Hal ini dapat dilihat dari memadainya akses informasi, terlibatnya masyarakat dalam proses pembangunan BUMG, dana yang dikelola sudah melakukan pertangungajawaban dengan baik, dan masyarakat sudah memiliki kapasitas dalam mengelola kemampuan untuk menghadapi masalah umum yang ada dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:17
Last Modified: 31 Mar 2023 04:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12356

Actions (login required)

View Item View Item