Tipologi bencana dalam Al-Qur'an Perspektif Tafsir al-Jqwahir fi Tafsir Al-Qur'an al-Karim dan Tafsir Fi Zilalil Qur'an

Fayakun, - (2022) Tipologi bencana dalam Al-Qur'an Perspektif Tafsir al-Jqwahir fi Tafsir Al-Qur'an al-Karim dan Tafsir Fi Zilalil Qur'an. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Fayakun_182008010_Cover_Dll.pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
Fayakun_182008010_BAB I.pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text
Fayakun_182008010_BAB II.pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
Fayakun_182008010_BAB III.pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text
Fayakun_182008010_BAB IV.pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
Fayakun_182008010_BAB V.pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text
Fayakun_182008010_FullText pdf - Fay Fayakun.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Tipologi Bencana Dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir al-Jawahir fi Tafsir Al-Qur’an al-Karim dan Tafsir Fi Zilalil Qur’an” yang ditulis oleh Fayakun, NIM: 1820080010. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya berbagai bencana yang terjadi di Indonesia bahkan dunia. Sekarang ini Indonesia menempati peringkat pertama dari 265 negara di dunia terhadap resiko tsunami, peringkat pertama dari 162 negara untuk tanah longsor, peringkat ketiga dari 153 negara terhadap resiko gempa bumi, serta peringkat keenam dari 162 negara untuk resiko bencana banjir. Fenomena yang terjadi di Indonesia tersebut akan membuahkan berbagai ketakutan dan kegelisahan di masyarakat umum. Dari segala kegelisahan manusia mengenai bencana ini dapat digali dari firman-firman Allah SWT. di dalam al-Qur’an. Salah satu langkah untuk menggali firman Allah dengan cara menelusuri tafsir yang menjadi salah satu dimensi untuk menjelaskan bencana yang terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis ayat-ayat mengenai bencana, mengetahui fungsi bencana dan menemukan tujuan tersembunyi di balik terjadinya bencana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis penelitian pustaka (Library Research). Dengan menjadikan kitab tafsir al-Jawahir fi Tafsir Al-Qur’an al-Karim dan tafsir Fi Zilalil Qur’an sebagai sumber primer. Penulis memilih kedua kitab tafsir ini, karena kedua tafsir tersebut termasuk dalam kategori tafsir periode modern yang memadukan metode bi al-ra’yi dan metode bi al-ma’tsur yang penafsirannya sejalan dengan kehidupan saat ini. Agar nantinya bisa memberikan jawaban secara komprehensif yang berbicara secara utuh tentang makna bencana yang digunakan al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tipologi bencana dalam al- Qur’an, diantaranya: pertama bencana sebagai azab atau siksaan, yaitu sebagai balasan atas perbuatan zalim dan fasik; kedua bencana sebagai bala’ atau ujian, ujian tersebut untuk mengetahui kualitas amal perbuatan manusia; ketiga bencana sebagai fitnah, yaitu sebagai cobaan untuk menguji keimanan seseorang; keempat bencana sebagai hikmah bagi orang-orang yang muhsin (orang mukmin). Dari kajian ayat-ayat bencana dengan perspektif Tafsir al-Jawahir fi Tafsir Al-Qur’an al-Karim dan Tafsir Fi Zilalil Qur’an, dapat diketahui beberapa sikap Tantawi Jauhari dan Sayyid Quthb terhadap ayat-ayat yang berkaitan dengan bencana serta perbedaan dan persamaan dalam penafsiran antara Tantawi Jauhari dan Sayyid Quthb ayat-ayat yang berkaitan dengan bencana, di antaranya adalah sikap seorang muslim ketika menghadapi bencana dianjurkan untuk selalu sabar saat tertimpa musibah dan bertawakkal kepada Allah ketika bencana menghampiri seseorang. Karena bencana adalah sebagai rahmat untuk orang yang beriman, sebagai peringatan bagi para pendosa, sebagai azab bagi orang-orang yang zalim yang melampaui batas, dan berserah diri atas segala ketentuan Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ipologi Bencana, Ayat-ayat Bencana, Tafsir al-Jawahir fi Tafsir Al-Qur’an al-Karim dan Tafsir Fi Zilalil Qur’an
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Ilmu Murni
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 30 Mar 2023 08:22
Last Modified: 30 Mar 2023 08:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12354

Actions (login required)

View Item View Item