Pengembangan model pembelajaran Beyond Centers and Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman di Taman Kanak-kanak Diniyyah Al-Azhar Jambi

Hamdani Abdi, - (2022) Pengembangan model pembelajaran Beyond Centers and Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman di Taman Kanak-kanak Diniyyah Al-Azhar Jambi. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Cover - Hamdani Abdi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Bab I - Hamdani Abdi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Bab II - Hamdani Abdi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Bab III - Hamdani Abdi.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Bab IV - Hamdani Abdi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Bab V - Hamdani Abdi.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text
Hamdani Abdi_1820090025_Fulltext - Hamdani Abdi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hamdani Abdi, NIM: 1820090025. Pengembangan model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman di Taman Kanak-kanak Diniyyah Al-Azhar Jambi. Disertasi. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time merupakan model pembelajaran yang diterapkan di TK Islam Diniyyah Al-Azhar Jambi. Model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time memegang peranan yang sangat penting dalam membantu anak didik untuk beraqidah Islam, beribadah rutin, berkarakter dan berkepribadian muslim. Tolak ukur keberhasilan model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time ini terletak pada perkembangan moral, nilai agama, motorik, bahasa dan perubahan sikap (attitude), mental dan tingkah laku personal atau individual. Namun dari fenomena yang ada menunjukkan bahwa pembelajaran model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time belum efektif dalam menanamkan nilai-nilai ke-Islaman. Dari segi ibadah; masih banyak peserta didik yang malas melaksanakan shalat 5 waktu dan jarang membaca do’a harian di rumah. Dari segi akhlak; belum muncul sikap disiplin dan sikap mandiri, masih kurang peduli terhadap kebersihan dan masih kurang berkembang sikap tanggung-jawab. Dari segi sosial; masih ada peserta didik yang belum bisa berteman dengan teman-teman yang lain dan belum muncul sikap saling berbagi. Tujuan penelitian ini adalah : a) Mengetahui Deskripsi Aktual Proses Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time pada Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Diniyyah Al-Azhar Jambi, b) Menghasilkan Model Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time Berbasis Nilai-nilai ke-Islaman pada Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Diniyyah Al-Azhar Jambi c) Menguji Validitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Model Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time Berbasis Nilai-nilai ke-Islaman pada Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Diniyyah Al-Azhar Jambi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian pengembangan (research and development). Prosedur pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design, development, disseminasi. Instrumen pengumpulan data berupa observasi,wawancara, angket. Validasi produk dilakukan oleh expert. Ujicoba produk dilakukan pada kindy 2 A dan Kindy 2 B TK Al-Hikmah Jambi. Data validitas, praktikalitas dan efektifitas dianalisis secara deskriptif dengan rumus persentase dan Intraclass Correlation Coefficients dengan bantuan Statistical Package for The Social Sciences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) penerapan model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time di TK Islam Diniyyah Al-Azhar Jambi saat ini belum mampu mengembangkan nilai aqidah, ibadah dan akhlak. (b) produk yang dihasilkan: model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman. (c) hasil analisis data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan model Beyond Centers And Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman yang dikembangkan lebih tinggi dari kelas kontrol yang diajar dengan cara konvensional. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif dan dapat digunakan pada pembelajaran pendidikan anak usia dini. Dengan begitu model pembelajaran Beyond Centers And Circle Time berbasis nilai-nilai ke-Islaman dapat mengembangkan aspek moral agama, kognitif, fisik motorik, bahasa, seni peserta didik dengan baik. Berdasarkan temuan ini direkomendasikan kepada guru TK Islam Diniyyah Al-Azhar Jambi untuk dapat menggunakan model pembelajaran yang dikembangkan ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:07
Last Modified: 29 Mar 2023 07:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12349

Actions (login required)

View Item View Item