Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar SKI di MTsN 6 Pesisir Selatan

Indah Junita, - (2022) Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar SKI di MTsN 6 Pesisir Selatan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Indah Junita_2020010003_Cover,dll - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version

Download (685kB)
[img] Text
Indah junita_2020010003_Bab 1 - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text
Indah junita_2020010003_Bab 2 - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
Indah junita_2020010003_Bab 3 - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text
Indah junita_2020010003_Bab 4 - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
Indah junita_2020010003_Bab 5 - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version

Download (13kB)
[img] Text
Indah Junita_2020010003_Daftar Pustaka - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
Indah Junita_2020010003_Fulltext - 0003 Indah Junita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul tesis ini adalah “Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI di MTsN 6 Pesisir Selatan”, Ditulis Oleh Indah Junita, NIM: 2020010003, Jurusan S2-Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang materi, peserta didik jenuh membaca materi yang terlalu padat dan juga metode yang digunakan oleh pendidik hanya metode ceramah. Permasalahan ini mengakibatkan 49,90% peserta didik kelas VII MTsN 6 Pesisir Selatan belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode lain dalam pembelajaran SKI, salah satunya adalah metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui Langkah-langkah Pembelajaran Metode Survey Question Read Recite and Review (SQ3R) dalam pembelajaran SKI di MTsN 6 Pesisir Selatan, Untuk mengetahui efektivitas metode dalam pembelajaran SKI di Kelas VII MTsN 6 Pesisir Selatan dan Untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil pembelajaran SKI antara metode pembelajaran SQ3R dan metode pembelajaran konvensional di Kelas VII MTsN 6 Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah True Eksperimen (Eksperimen Nyata) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 6 Pesisir Selatan 2021/2022, untuk mendapatkan kelas sampel maka menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak atau teknik simple random sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan kontrol adalah kelas VII 1 dan VII 2 dengan pertimbangan ketika observasi awal pendidik bidang studi SKI mengatakan bahwa kedua lokal ini memiliki jumlah peserta didik yang sama banyak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah metodeSQ3R yang digunakan oleh peneliti itu ada 5 langkah yaitu survey, question, read, recite dan review. Efektivitas metode SQ3R tercermin dari kelima langkah ini, baik dari karakteristik peserta didik, waktu dan juga dari kompetensi yang diharapkan tercapai yang tercermin dari hasil belajar peserta didik yang meningkat dari rata- rata nilai 54,73 menjadi 82,55. Perbedaan hasil belajar peserta didik antara metode SQ3R dengan metode konvensional didapatkan dari perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen adalah 82,55 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 72,00. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung 4,987 pada derajat kebebasan 42 lebih besar dari pada ttabel sebesar 2,074, berarti thitung > ttabel dengan nilai signifikan 2-tailed yaitu 0,00 lebih kecil dari nilai kritisnya 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan hasil belajar SKI antara metode SQ3R dengan metode konvensional di kelas VII MTsN 6 Pesisir Selatan. Sehingga, SQ3R lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dibanding metode konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Islam
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:07
Last Modified: 28 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item