PENGGUNAAN AYAT UBEK KAMPUNG DI KELAYANG INDRAGIRI HULU RIAU Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Agama (S.Ag) pada Prodi Ilmu Al RIRI YANTO NIM. 1815020024 PROGRAM STUDI ILMU AL FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) PENGGUNAAN AYAT–AYAT AL-QUR’AN DALAM PENGOBATAN

Riri Yanto, (2023) PENGGUNAAN AYAT UBEK KAMPUNG DI KELAYANG INDRAGIRI HULU RIAU Diajukan Kepada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Agama (S.Ag) pada Prodi Ilmu Al RIRI YANTO NIM. 1815020024 PROGRAM STUDI ILMU AL FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) PENGGUNAAN AYAT–AYAT AL-QUR’AN DALAM PENGOBATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Bab I - 024 Riri yanto.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Bab II - 024 Riri yanto(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Bab III - 024 Riri yanto(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Bab IV - 024 Riri yanto(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Bab V - 024 Riri yanto.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Fulltext - 024 Riri yanto(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
Riri Yanto_1815020024_Cover_dll - 024 Riri yanto.pdf

Download (830kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul Penggunaan Ayat-ayat Al-Qur’an dalam Pengobatan Ubek Kampung di Kelayang Indragiri Hulu Riau ditulis oleh Riri Yanto, NIM 1815020024, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2023 terdiri dari116 halaman. Pengobatan ubek kampung merupakan pengobatan alternatif yang menggunakan media tumbuhan alamiah sebagai media tamabahan setelah ayat Al-Qur’an dalam mengobati penyakit, pengobatan ini merupakan salah satu cara masyarakat Desa Pulau Sengkilo dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama pada penyakit fisik maupun penyakit non fisik. Pengobatan ubek kampung diyakini masyarakat bukan hanya semata-mata dilakukan secara turun temurun olen tetua mereka terdahulu, melainkan pengobatan ini yang menggunakan ayat Al-Qur’an ini berlandaskan pada Al-Qur’an, salah satu surat nya adalah Surat Al-Isra ayat 82. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengambilan data berbasis lapangan ( field research ). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara dengan narasumber yang mengetahui atau terlibat langsung dalam pelaksanaan pengobatan ubek kampung. Adapun pendekatan yang dipakai dalam peneltian ini adalah pendekatan Living Qur’an dengan paradigma fungsional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat Desa Pulau Sengkilo terhadap penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam pengobatan ubek kampung dan bagaimana masyarakat memaknai ayat-ayat yang menjadi landasan pelaksanaan pengobatan tersebut. Hasil penelitian ini menjelaskan sejarah penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam pengobatan ubek kampung yatitu mendeskripsikan sejarah awal mula pengobatan ini, proses penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam pengobatan ubek kampung yaitu menjelaskan bentuk prosesi dari pengobatan tersebut, serta motivasi Masyarakat terhadap penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam pengobatan ubek kampung yaitu apa yang mempengaruhi masyarakat untuk melaksanakannya hingga menjadikan dalil bagi masyarakat untuk melakukan pengobatan ubek kampung tersebut. QS Al-Isra ayat 83 dijadikan salah satu dalil karena dilihat dari makna dari ayat tersebut menyebut kan bahwa Al-Qur’an di turunkan untuk menjadi obat penyembuh bagi segala penyakit. Dalil yang lainnya adalah yang diriwayatkan di dalam kitab Al-Jami’ yang mana hadist tersebut menjelaskan dimana salah satu sahabat pada zaman Nabi Muhammad SAW menggunakan QS Al-Fatihah untuk mengobati salah satu penduduk di suatu negeri dan Nabi SAW pun menjelaskan bahwa pada surat tersebut mengandung Ruqyah. Oleh karena itu dalil-dalil tersebut dianggap oleh masyarakat Desa Pulau Sengkilo sebagai landasan lahirnya penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an dalam pengobatan. Hal ini sama dengan tujuan penelitian menggunakan pendekatan living Qur’an yaitu melihat bagaimana makna dan fungsi ayat-ayat Al-Qur’an dalam komunitas masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGOBATAN DENGAN AYAT
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:55
Last Modified: 27 Mar 2023 01:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item