PEMAKNAAN HASANAH DI DUNIA DAN HASANAH DI AKHIRAT MENURUT JAMA’AH MASJID AL-FURQAN KOMPLEKS RAHAKA LUBUK BUAYA PADANG (Studi Living Qur’an)

Riri Rahmawati (2023) PEMAKNAAN HASANAH DI DUNIA DAN HASANAH DI AKHIRAT MENURUT JAMA’AH MASJID AL-FURQAN KOMPLEKS RAHAKA LUBUK BUAYA PADANG (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_Bab I - 042 Riri Rahmawati.pdf

Download (974kB)
[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_Bab II - 042 Riri Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_Bab III - 042 Riri Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_Bab IV - 042 Riri Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_Bab v_daftar pustaka - 042 Riri Rahmawati.pdf

Download (747kB)
[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_fulltext-1 - 042 Riri Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Riri Rahmawati_1815020042_cover,dll-1 - 042 Riri Rahmawati.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemaknaan Hasanah Di Dunia Dan Hasanah Di Akhirat Menurut Jama’ah Masjid Al-Furqan Kompleks Rahaka Lubuk Buaya Padang (Studi Living Qur’an)” ditulis oleh Riri Rahmawati NIM 1815020042 Mahasiswi Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulis memahami bahwa terdapat banyak ayat yang membahas tentang hasanah di dunia dan hasanah di akhirat. Memaknai ayat al-Qur‟an hanya dengan membaca saja itu tidaklah cukup. Perkembangan ilmu al-Qur‟an tidaklah terbatas pada penafsiran secara tekstual saja, melainkan sudah berkembang dengan adanya studi living Qur‟an. Latar belakang dari penelitian ini yaitu, dengan adanya kebiasaan masyarakat berdo‟a untuk hasanah di dunia dan hasanah di akhirat pada Q.S. al-Baqarah/2: 201. Penulis tertarik untuk mengetahui pemaknaan do‟a ini bagi masyarakat di Rahaka kelurahan Lubuk Buaya Koto Tangah Padang, yaitu pada jama‟ah Masjid Al-Furqan Kompleks Rahaka Kelurahan Lubuk Buaya Padang. Penulis ingin melihat konsep serta perwujudan dari para jama‟ah Masjid Al-Furqan Kompleks Rahaka Kelurahan Lubuk Buaya Padang dalam memaknai ayat terkait hasanah di dunia dan hasanah di akhirat. Dalam menjawab masalah tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian yaitu field reserch yaitu mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi suatu sosial individu, kelompok, dan masyarakat. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang meliputi pengumpulan, pencatatan, dan pengolahan data dari berbagai data di lapangan maupun kepustakaan. Sumber data yang penulis gunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara penulis dengan informan terkait dengan pemaknaan hasanah di dunia dan hasanah di akhirat. Data sekunder diperoleh dari kitab tafsir, jurnal, skripsi dan karya ilmiah lainnya yang dapat menunjang keabsahan dalam kajian ini. Kemudian penulis melakukan klasifikasi dan analisis secukupnya. Berdasarkan analisis yang penulis lakukan, penulis dapat memaparkan hasil dari penelitan tersebut yaitu, Konsep hasanah di dunia bagi jamaah masjid al-Furqan dapat dimaknai berupa hal yang materil dan abstrak. Konsep hasanah di akhirat bagi jama‟ah masjid al-Furqan, dapat dimaknaai berupa hal yang abstrak, karena alam akhirat adalah hal yang ghaib, yang tidak ada gambaran pasti terhadap ilmu akhirat tersebut, karena pada dasarnya belum ada seseorang yang sudah kesana dan memberi tahu pastinya gambaran akhirat tersebut. Jamaah masjid al-Furqan mengharapkan kebaikan di akhirat dengan makna surga, serta kemudahan proses menuju hari pembalasan amal tersebut. Menifestasi ayat tentang hasanah di dunia dan hasanah di akhirat, bagi jama‟ah masjid al-Furqan ada dua cara, yaitu diwujudkan dalam bentuk do‟a dan motivasi dalam beramal. Kata Kunci: hasanah, memaknai, living Qur‟an, konsep, menifestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasanah, memaknai, living Qur‟an, konsep, menifestasi.
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 24 Mar 2023 03:05
Last Modified: 24 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item