Revani Haniva, Revani Haniva (2023) HUBUNGAN KEBERSYUKURAN DENGAN KINERJA GURU TK DI KECAMATAN GUNUANG OMEH KABUPATEN LIMAPULUH KOTA. UNSPECIFIED thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Revani Haniva_1815040044_Bab I - Revani Haniva(1).pdf Download (147kB) |
|
Text
Revani Haniva_1815040044_Bab II - Revani Haniva(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
|
Text
Revani Haniva_1815040044_Bab III - Revani Haniva(1).pdf Download (231kB) |
|
Text
Revani Haniva_1815040044_Bab IV - Revani Haniva.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
Revani Haniva_1815040044_Bab V - Revani Haniva(1).pdf Download (63kB) |
|
Text
Revani Haniva_1815040044_Cover dll - Revani Haniva.pdf Download (428kB) |
|
Text
Revani Haniva_1815040044_Fulltext - Revani Haniva(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Hubungan Kebersyukuran dengan Kinerja Guru TK di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluh Kota” yang disusun oleh Revani Haniva, NIM 1815040044, Prodi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Berawal dari fakta terdapat guru TK yang mengajar dengan sungguh�sungguh setiap hari, namun hanya mendapatkan imbalan yang sedikit. Imbalan tersebut berasal dari sumbangan dari wali murid dan iuran beras yang diberikan murid setiap bulan. Walaupun mendapat imbalan yang dibawah standar, para guru tetap memiliki semangat yang tinggi untuk mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebersyukuran dengan kinerja guru TK di Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Limapuluh Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah guru TK di Kecamatan Gunuang Omeh sebanyak 39 orang dan yang menjadi sampel penelitian berjumlah 36 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik random sampling sehingga partisipan dipilih secara acak menggunakan rumus Slovin. Kemudian diukur menggunakan skala kebersyukuran dan skala kinerja. Hasil penelitian membuktikan bahwa ternyata pengujian hipotesis dan sebaran rata-rata adalah dua hal yang berbeda, dapat dilihat pada hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan korelasi positif dengan nilai koefisien pearson correlations sebesar 0,644 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya semakin tinggi kebersyukuran individu maka semakin tinggi kinerjanya. Namun uji kategorisasi didapat sebanyak 21 orang guru memiliki kebersyukuran rendah atau 58,3% sedangkan sebanyak 23 orang guru atau 63,9% guru memiliki kinerja yang tinggi. Kata Kunci: Kebersyukuran, Kinerja, Guru
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebersyukuran, Kinerja, Guru |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama |
Depositing User: | Armen Arfat Pustakawan |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 07:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 08:02 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12322 |
Actions (login required)
View Item |