Implementasi fungsi kepala madrasah sebagai perencana dan pengelolaan menuju madrasah unggul di MTsN 2 Padang Pariaman

Mawardi, - (2022) Implementasi fungsi kepala madrasah sebagai perencana dan pengelolaan menuju madrasah unggul di MTsN 2 Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_Cover dkk - 0010 Mawardi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_BAB I - 0010 Mawardi.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_BAB II - 0010 Mawardi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_BAB III - 0010 Mawardi.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_BAB IV - 0010 Mawardi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_BAB V DAN PUSTAKA - 0010 Mawardi.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
MAWARDI_NIM. 2020010010_Fulltext - 0010 Mawardi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Implementasi Fungsi Kepala Madrasah Sebagai Perencana dan Pengelolaan Menuju Madrasah Unggul di MTsN 2 Padang Pariaman” yang ditulis oleh Mawardi, NIM 2020010010, Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Sumatera Barat pada Prodi Pendidikan Agama Islam. Tesis ini dilatarbelakangi keinginan suatu madrasah atau lembaga pendidikan untuk mencapai suatu lembaga pendidikan yang unggul atau bermutu, tapi untuk mencapai mutu dan keunggulan itu tidaklah mudah, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak dan dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang matang. Untuk mencapai madrasah yang unggul itu tidak segampang membalik telapak tangan, tidaklah semudah yang dibayangkan, hal ini membutuhkan tenaga dan pemikiran yang matang, serta ide ide yang cemerlang demi tercapainya madrasah yang unggul tersebut, banyak aspek-aspek yang harus dilibatkan, terutama dari segi kepiawaian kepala madrasah itu sendiri dalam merencanakan dan mengelola segala hal demi terciptanya madrasah yang unggul tersebut, berhasil tidaknya suatu madrasah akan dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu hal penentu dari keberhasilan suatu madrasah itu ditentukan oleh kepemimpinan dari kepala madrasah itu sendiri, sejauh mana ia bisa memenej dan merancang masa depan madrasah yang dia pimpin karena hal ini tidak bisa mungkiri. Dalam hal ini misalnya MTsN 2 Padang Pariaman untuk mancapai madrasah yang unggul tersebut kepala MTsN 2 Padang Pariaman punya perencanaan dan pengelolaan yang baik demi mencapai madrasah yang unggul. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui apa saja perencanaan dan pengelolaan yang dilakukan oleh kepala MTsN 2 Padang Pariaman, baik perencanaan jangka pendek, perencanaan jangka menengah dan perencanaan jangka panjang serta pengelolaan yang dilakukan dalam rangka menuju madrasah unggul. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data utama penelitian ini adalah pimpinan madarsah itu sendiri, sedangkan data pendukungnya adalah para waka, guru, kepala tata usaha, dan berdahara umum. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekinik analisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1). Perencanaan dan pengelolaan jangka pendek yang dilakukan oleh kepala MTsN 2 Padang Pariaman dalam menuju madrasah unggul sudah direncanakan dengan baik dan maksimal dengan program-programnya diantara lain: menigkatkan keimanan dan ketakwaan siswa, meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan akhlakul karimah, meningkatkan kualitas input siswa, meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan kedisiplinan dan meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependikan. 2). Perencanaan dan pengelolaan jangka menengahpun sudah direncanakan dengan matang dan secara terstruktur dengan melibatkan unsur unsur terkait dalam menuju madrasah unggul. 3). Perencanaan dan pengelolaan jangka panjangpun direncanakan dengan maksimal dan matang, program-program jangka panjang disusun secara baik dan dikelola secara bersama dengan melibatkan unsur-unsur terkait dalam rangka mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Kata Kunci: Fungsi Kepala Madrasah, Perencanaan, Pengelolaan, Menuju Madrasah Unggul

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 16 Mar 2023 05:24
Last Modified: 16 Mar 2023 05:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item View Item