PARENTAL ACCEPTANCE TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Yola Despriyuza, Yola Despriyuza (2022) PARENTAL ACCEPTANCE TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Skripsi thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama.

[img] Text
YOLA DESPRIYUZA_1815040145_BAB 1 - Yola Despriyuza.pdf

Download (475kB)
[img] Text
YOLA DESPRIYUZA_1815040145_BAB 2 - Yola Despriyuza.pdf

Download (618kB)
[img] Text
YOLA DESPRIYUZA_1815040145_BAB 3 - Yola Despriyuza.pdf

Download (235kB)
[img] Text
YOLA DESPRIYUZA_1815040145_BAB 4 - Yola Despriyuza.pdf

Download (829kB)
[img] Text
YOLA DESPRIYUZA_1815040145_BAB 5 - Yola Despriyuza.pdf

Download (221kB)
[img] Text
YOLA DESPRIYUZA_1815040145_COVER - Yola Despriyuza.pdf

Download (502kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Parental Acceptance terhadap Anak Berkebutuhan Khusus”. Disusun Oleh Yola Despriyuza NIM 1815040145. Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa orang tua yang belum bisa menerima kenyataan bahwa mereka memiliki anak berkebutuhan khusus. Mereka malu dengan kondisi yang dimiliki oleh anaknya, masih membedakan pengasuhan antara anak yang normal dengan anak yang berkebutuhan khusus, selain itu kedua orang tua sibuk bekerja sehingga mereka sulit membagi waktu antara pekerjaan dengan merawat anak berkebutuhan khusus yang memang membutuhkan perhatian khusus sehingga mereka belum memberikan pengasuhan yang baik kepada anaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Parental Acceptance terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan teknik member checking dan external audit. Teknik analisis data dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 pasang orang tua yang anaknya bersekolah di SLB Wacana Asih Kota Padang. Hasil penelitian Parental Acceptance terhadap anak berkebutuhan khusus menunjukkan bahwa empat subjek yang diteliti mereka melalui tahapan yang berbeda-beda hingga sampai ditahap penerimaan. Tiga orang subjek sudah bisa menerima kondisi anaknya yang berkebutuhan khusus, subjek menunjukkan keterlibatan penuh dalam merawat anak, berusaha memperhatikan masa depan anak, memberikan kasih sayang kepada anak berupa sentuhan fisik seperti mencium dan memeluk maupun berupa kata-kata seperti sanjungan dan perhatian, menerima anak sebagai seorang individu dengan keunikan yang dimilikinya, dan berusaha memberikan contoh teladan kepada anak. Adapun faktor yang melatarbelakangi subjek dapat menerima kondisi anak yaitu adanya dukungan dari keluarga besar, kemampuan keuangan keluarga, latar belakang agama yang kuat, sikap para ahli yang mendiagnosa anak, tingkat pendidikan orang tua , status pernikahan yang harmonis, dan sikap masyarakat umum. Kemudian satu orang subjek belum bisa menerima anaknya berkebutuhan khusus karena sejak awal mengetahui bahwa ternyata anak yang ia nantikan ternyata berkebutuhan khusus, ia sangat sedih, marah dan kesal dengan kondisi anaknya sehingga tidak adanya kedekatan antara subjek dengan anak sampai saat ini. Kata Kunci : Parental Acceptance, Anak Berkebutuhan Khusus, Pengasuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Parental Acceptance, Anak Berkebutuhan Khusus, Pengasuhan
Subjects: Psicology Teology Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Armen Arfat Pustakawan
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:29
Last Modified: 14 Mar 2023 04:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12289

Actions (login required)

View Item View Item