Agung Fainendo, - (2023) Manajemen kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
Agung Feinendo_1920090011_Cover, Dll. - Abdul Rahman.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Agung Feinendo_1920090011_BAB I - Abdul Rahman.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text
Agung Feinendo_1920090011_BAB II - Abdul Rahman.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (886kB) |
|
Text
Agung Feinendo_1920090011_BAB III - Abdul Rahman.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text
Agung Feinendo_1920090011_BAB IV - Abdul Rahman.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (888kB) |
|
Text
Agung Feinendo_1920090011_BAB V dan Daftar Pustaka - Abdul Rahman.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text
Agung Feinendo_1920090011_FullText - Abdul Rahman.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Agung Fainendo, NIM. 1920090011, “Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh”, Disertasi, Padang: Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Program Studi Pendidikan Islam. 2022. Isu sentral dalam penelitian ini adalah persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan adalah ketika menghadapi peserta didik penyandang disabilitas. kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran PAI pada SLB di Kota Payakumbuh yang memiliki 10 SLB sangat diharapkan dapat berkontribusi positif dengan cita-cita dan tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan agama di sekolah yang diamanatkan oleh negara. Juga sesuai dengan motto Provinsi Sumatera Barat sebagai “Daerah yang Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”. Bahkan apa yang dilakukan oleh SLB-SLB yang ada di Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu terobosan positif untuk membina dan mendidik anak berkebutuhan khusus di Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian menganalisis dan mendeskripsikan: 1) perencanaan kepala sekolah dalam pengelolaan pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh. 2) kepala sekolah dalam mengorganisasikan pengelolaan pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh. 3) kepala sekolah dalam melaksanakan pengelolaan pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh. 4) kepala sekolah dalam mengorganisasikan pengelolaan pembelajaran PAI di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SLB Kota Payakumbuh yang berjumlah 10 orang dan guru Pendidikan Agama Islam yang berada di SLB Kota Payakumbuh. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pada umumnya manajemen kepemimpinan kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Payakumbuh belum maksimal. Hal ini dikarenakan ada diantara kepala sekolah yang belum mampu mengelola dengan baik lembaga yang dipimpinnya. Ada diantara SLB Kota Payakumbuh yang masih kekurangan guru dalam mengajar, bahkan guru PAI yang fungsinya pun sebagai guru mata pelajaran juga diminta untuk mengajar mata pelajaran yang belum sesuai dengan keahlian yang dimilikinya, dalam hal pengelolaan program pengajaran guru PAI pun ditempatkan tidak sesuai pada tupoksi yang seharusnya, dalam hal sarana dan prasarana, sekolah belum mampu menyediakan seluruh media pembelajaran yang dibutuhkan, dan dalam pengelolaan hubungan sekolah dengan orang tua, terlihat belum seluruh orang tua siswa/i perhatian terhadap kegiatan sekolah
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 04:14 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 04:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12267 |
Actions (login required)
View Item |