Pengembangan model pembelajaran proyek berbasis literasi digital dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Batusangkar

Adi Putra, - (2023) Pengembangan model pembelajaran proyek berbasis literasi digital dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Batusangkar. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Adi Putra_Cover dll.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text
Adi Putra_BAB I.pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text
Adi Putra_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
Adi Putra_BAB III.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text
Adi Putra_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Adi Putra_BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text
Adi Putra_Buku Pedoman.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text
Adi Putra_Buku Model.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text
Adiputra_1820090020_Fulltext_Adi Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Adi Putra, NIM. 1820090020, “Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Literasi Digital dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Batusangkar”, Disertasi, Padang: Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Program Studi Pendidikan Islam. 2022. Isu sentral dalam penelitian ini adalah pembelajaran model proyek pada mata pelajaran PAI guru masih melakukan model proyek ini dengan apa yang dia inginkan, tanpa melakukan analisis terhadap kecenderungan dan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran dan proyek yang sesuai dengan siswa. Masalahnya masih dijumpai guru masih belum terlalu mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri. Jika guru mampu menguasai model proyek yang berbasis literasi digital ini siswa akan mudah belajar dan memahami pelajaran yang diajarkan. Karena sekarang siswa khususnya di tingkat SMK lebih fokus pada pembelajaran proyek yang memakai media digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran proyek berbasis literasi pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Batusangkar?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI menggunakan model pembelajaran proyek. 2) Menemukan dan mengembangkan suatu model pembelajaran proyek berbasis literasi digital pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Batusangkar. 3) Menguji model pembelajaran proyek berbasis berbasis literasi digital pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Batusangkar yang dihasilkan valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan. Prosedur pengembangan model tersebut menggunakan langkah 4-D. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah model pembelajaran proyek berbasis literasi pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Batusangkar dapat dijadikan sebagai sebuah model pembelajaran, dengan uraian: 1) Pelaksanaan model pembelajaran proyek pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Batusangkar belum maksimal. 2) Dikembangkan model pembelajaran proyek berbasis literasi digital pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Batusangkar. 3) Pengembangan model proyek berbasis literasi digital dalam matapelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Batusangkar sangat valid, praktis dan efisien

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:41
Last Modified: 07 Mar 2023 03:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item View Item