Wemri Saputra, - (2023) Pelaksanaan kegiatan bina pribadi Islami dalam pembinaan karakter peserta fidik di SMP IT Alam Ar-Royyan Padang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
Wemri saputra_Cover.pdf - Published Version Download (476kB) |
|
Text
Wemri saputra_BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text
Wemri saputra_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Wemri saputra_BAB III.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text
Wemri saputra_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Wemri saputra_BAB V _ Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text
Wemri saputra_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis ini berjudul “ Pelaksanaan Kegiatan Bina Pribadi Islami dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di SMP IT Alam Ar-Royyan Padang” dibahas oleh Wemri Saputra NIM. 2020010031 Mahasiswa Program Pascasarjana Prodi pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan dari pendidikan Islam adalah untuk menghasilkan lulusan yang mau dan mampu menjalankan perintah Allah dan Rasulnya, menjauhi segala larangan Allah dan Rasulnya, mencintai bangsanya, serta memiliki keterampilan hidup yang memadai sesuai dengan zamannya, jika empat tujuan ini tercapai, akan lahir generasi yang taat kepada Allah swt, dapat mengantarkan dirinya untuk sukses dalam kehidupan dunia ini, serta siap menjadi kontibutor dalam pembangunan Indonesia dan menjaga negara kesatuan republik Indonesia. Salah satu ciri khas dari SIT adalahnya kegiatan pembinaan karakter peserta didik yang intensif. Kegiatan pembinaan diwadahi dengan nama Bina Pribadi Islami. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bentuk Pembinaan Karakter Islami di SMP IT Alam Ar-Royyan. (2) Bentuk Pembiasaan Ibadah peserta didik di SMP IT Alam Ar-Royyan. (3) Bentuk Mahabbatul Qur‟an Peserta didik di SMP IT Alam Ar-Royyan. (4) Bentuk pengabdian masyarakat peserta didik di SMP IT Alam Ar-Royyan. (5) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Bina Pribadi Islami dalam Pembinaan Karakter Peserta didik di SMP IT Alam Ar-Royyan Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif, Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Koordinator BPI, Pembina BPI, Orang Tua dan Peserta Didik serta masyarakat. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian sebagai berikut : (1) bentuk pembinaan karakter Islami peserta didik yaitu, pembinaan dengan keteladanan, penanaman nilai disiplin, pembinaan dengan pembiasaan, pengkondisian lingkungan, dan integrasi-internalisasi. (2)Bentuk Pembiasaan Ibadah yaitu, Tahfizh Qur‟an, Shalat Dhuha, Membaca Doa Bersama, Melaksanakan Shalat Zuhur dan Ashar Berjama‟ah dan membiasakan Zikir Al-Ma‟tsurat Pagi dan Petang. (3) Bentuk Mahabbatul Qur‟an yaitu, Tilawah Al-Qur‟an, Pemahaman Qur‟an dan Tadabbur Qur‟an (4) bentuk Pengabdian Masyarakat yaitu dengan xvi mengenal masyarakat secara lebih dekat, meningkatkan kualitas hubungan dengan masyarakat dan mempraktekkan sifat berpikir kritis dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama. (5) Faktor Pendukung terdiri dari Dukungan Orang Tua, Guru yang sudah terbina, seluruh Guru adalah Pembina BPI dan budaya sekolah. Sedangkan faktor penghambat yakni, karakteristik kepribadian peserta didik, waktu yang yang terbatas disebabkan ada 2 kurikulum yang dijalankan yakni Kurikulum Nasional dan Kurikulum JSIT. Kata Kunci : Bina Pribadi Islami, Pembinaan Karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Mar 2023 08:19 |
Last Modified: | 04 Mar 2023 08:19 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12263 |
Actions (login required)
View Item |