Yudelnilastia, - (2023) Pengembangan model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud Berbasis Islam pada anak usia dini di Komunitas Sumbar Membacakan Nyaring. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Text
Yudelnilastia_1920090024_Cover - yudel nilastia.pdf - Published Version Download (577kB) |
|
Text
Yudelnilastia_1920090024_BAB 1 - yudel nilastia.pdf - Published Version Download (687kB) |
|
Text
Yudelnilastia_1920090024_BAB 2 - yudel nilastia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Yudelnilastia_1920090024_BAB3 - yudel nilastia.pdf - Published Version Download (523kB) |
|
Text
Yudelnilastia_1920090024_BAB 4 - yudel nilastia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Yudelnilastia_1920090024_BAB 5 - yudel nilastia.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text
Yudelnilastia_1920090024_Buku Model - yudel nilastia.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Yudelnilastia_NIM_1920090024_Fulltext - yudel nilastia.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Isu utama dalam penelitian ini adalah pengabaian masa golden age pada anak dalam keluarga karena dampak negatif dari gadget dan keesibukan orangtua. Selain itu, model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud yang saat ini belum sesuai dengan kebutuhan dan keinginan komunitas Sumbar Membacakan Nyaring. Berdasarkan data faktual, tergambar bahwa kurang tersistemnya dengan baik model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud sehingga belum sesuai dengan visi dan misi komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan produk tentang: 1) Deskripsi pelaksanaan model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud pada anak usia dini di Komunitas Sumbar Membacakan Nyaring; 2) Desain produk pengembangan model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud pada anak usia dini di Komunitas Sumbar Membacakan Nyaring; 3) Pengujian validitas, praktikalitas dan efektifitas produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu kepada Model yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagajaran, dkk. Prosedur pengembangan tersebut menggunakan langkah Four D (4 D), yaitu mendefenisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan menyebarluaskan (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada 7 (tujuh) orang anggota komunitas yang memiliki anak usia dini. Uji coba menggunakan evaluasi formatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan Focus Group Discussion (FGD). Temuan penulis dalam penelitian ini adalah: 1) Pada dasarnya model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud dalam keluarga anggota komunitas sudah terlaksana tetapi masih terdapat beberapa kekurangan sehingga model yang lama sangat perlu untuk dikembangkan agar bisa memenuhi kebutuhan komunitas sesuai dengan visi dan misi komunitas tersebut. 2) Pengembangan model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud berbasis Islam pada anak usia dini di Komunitas Sumbar Membacakan Nyaring ini terletak pada aktifitas orangtua ketika pada tahap persiapan dan bagaimana interaksi orangtua dengan anak yang berdasarkan nilai-nilai pendidikan Islam pada sintaks kegitan, serta juga pada prinsip reaksi dan sistem sosialnya. 3) Pengujian Validitas diperoleh hasil bahwa buku model dan pedoman sangat valid, pengujian praktikalitas didapatkan hasil bahwa model sangat praktis untuk digunakan orangtua dan pengujian efektifitas diperoleh hasil model pendidikan karakter melalui kegiatan read aloud berbasis Islam ini sangat efektif dalam pendidikan karakter pada anak usia dini
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam U Umum (General) > Ilmu Sosial > Belajar Membaca untuk Pendidikan Dasar |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Eskha Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 02:53 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 02:53 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12236 |
Actions (login required)
View Item |