Pengaruh Alokasi Waktu Domestik Terhadap Ikatan Keluarga Pada Ibu RumahTangga Buruh Tani di Kecamatan Lembah Gumanti

KARTIKA LIONA SARI, KARTIKA (2023) Pengaruh Alokasi Waktu Domestik Terhadap Ikatan Keluarga Pada Ibu RumahTangga Buruh Tani di Kecamatan Lembah Gumanti. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (cover)
KARTIKA_LIONA_SARI_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
KARTIKA_LIONA_SARI_BAB_1.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
KARTIKA_LIONA_SARI_BAB_II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
KARTIKA_LIONA_SARI_BAB_III.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
KARTIKA_LIONA_SARI_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
KARTIKA_LIONA_SARI_BAB_V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Alokasi Waktu Domestik Terhadap Ikatan Keluarga Ibu Rumah Tangga Buruh Tani di Kecamatan Lembah Gumanti”. Disusun oleh Kartika Liona Sari, NIM. 1613060244 Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh alokasi waktu pekerjaan domestik terhadap ikatan keluarga ibu rumah tangga buruh tani di Kecamatan Lembah Gumanti seimbang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kuantitatif, karena variabel bebas, variabel kontrol dan variabel terikat berupa angka atau bisa diangkakan, dan dianalisis berdasarkan analisis statistik. Metode penarikan sampel dilakukan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Quota Sampling, sehingga didapatkan sebanyak 100 responden dari ibu rumah tangga buruh tani yang ada di Kecamatan Lembah Gumanti. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang berisi jawaban-jawaban responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas dan reabilitas serta uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu rumah tangga buruh tani yang mengalokasikan waktu domestik di rumah tangganya lebih banyak menghabiskan ikatan keluarga bersama anak dan suaminya sehingga terbangunlah ikatan keluarga yang kuat dalam rumah tangganya. Alokasi waktu domestik berpengaruh positif dan signifikan terhadap ikatan keluarga mendukung kuatnya ikatan keluarga. Dan juga alokasi waktu pekerjaan domestik yang dilakukan anak juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap ikatan keluarga. Sehingga secara non domestik ibu rumah tangga buruh tani mampu memaksimalkan potensi ekonomi anggotanya melalui sektor pertanian. Dengan demikian, ibu rumah tangga buruh tani dan ikatan keluarganya saling membantu sehingga terciptanya keharmonisan dalam rumah tangganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ibu Rumah Tangga Buruh Tani, Ikatan Keluarga Orang Tua, Ikatan Keluarga Anak, Alokasi Waktu Domestik
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:38
Last Modified: 16 Mar 2023 06:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item