Interaksi sekolah dan keluarga dalam membina karakter anak di SD Plus Marhamah Kota Padang

Dinna Ariska, - (2023) Interaksi sekolah dan keluarga dalam membina karakter anak di SD Plus Marhamah Kota Padang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Dinna Ariska_2020010002 bagian depan - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version

Download (903kB)
[img] Text
Dinna Ariska_2020010002_BAB I - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text
Dinna Ariska_2020010002_BAB II - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
Dinna Ariska_2020010002_BAB III - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text
Dinna Ariska_2020010002_BAB IV - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
Dinna Ariska_2020010002_BAB V - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
Dinna Ariska_2020010002 FULL TESIS - 0002 Dinna Ariska.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dinna Ariska NIM. 202001002 “Interaksi Sekolah dan Keluarga dalam Membina Karakter Anak di SD Plus Marhamah Kota Padang” Tesis: program Studi Pendidikan Islam pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, 2023. 101 halaman. Interaksi sekolah dan keluarga ini penting dalam membina karakter anak. Namun pada kenyataannya SD Plus Marhamah kurang melakukan interaksi secara baik. Orang tua yang tidak merespon serta tidak adanya kerja sama yang baik dengan guru untuk membina karakter anak. Minimnya pengetahuan orang tua tentang membina karakter anak dan masih ada yang belum sejalan dari beberapa kegiatan yang telah direncanakan oleh pihak sekolah untuk keluarga dan anak. Penelitian ini bertujuan, untuk mendeskripsikan interaksi sekolah dan keluarga dalam membina karakter disiplin dan mandiri anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Sumber data penelitian iniadalah majelis guru, orang tua dan kepala sekolah. Adapun instrumen pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) karakter disiplin dapat dilakukan dengan, guru berinteraksi dengan orang tua saat kegiatan komite sekolah yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran, lalu bertemu dengan orang tua murid di luar jam sekolah seperti berkunjung ke rumah anak, saat proses pembelajaran guru memberikan aturan-aturan yang telah disepakati oleh orang tua, saat anak berada di rumah orang tua memberikan reward kepada anak di saat anak mampu melakukan kedisiplinan dengan baik. b) karakter mandiri; guru dan orang tua dapat melakukan kegiatan interaksi seperti memberikan kegiatan aktifitas belajar yang melatih kemandirian saat belajar kelompok. Dan saat berada di rumah orang tua memberikan keyakinan pada anak bahwa, anak mampu mengerjakan kegiatan tanpa perlu adanya bantuan dari orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Eskha Pustakawan
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:14
Last Modified: 01 Mar 2023 07:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12213

Actions (login required)

View Item View Item