PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA KULIAH TAFSIR TARBAWI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAHMUD YUNUS (UIN-MY) BATUSANGKAR

Johari, Jamal (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA KULIAH TAFSIR TARBAWI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAHMUD YUNUS (UIN-MY) BATUSANGKAR. Doctoral thesis, Pasca Sarjana UIN Imam Bonjol Padang.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
Disertasi Johari Cetak Akhir (1).pdf

Download (584kB)
[img] Text
Disertasi Johari Cetak Akhir (2).pdf

Download (304kB)
[img] Text
Disertasi Johari Cetak Akhir (3).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Disertasi Johari Cetak Akhir (4).pdf

Download (44kB)
[img] Text
Disertasi Johari Cetak Akhir (5).pdf

Download (281kB)
[img] Text
cover Lengkap CETAK B 5 (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui pada proses pembelajaran Tafsir Tarbawi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Saat ini model pembelajaran yang direncanakan dan diterapkan dosen belum melibatkan mahasiswa secara penuh dalam menemukan materi pembelajaran, menghubungkannya dengan pengalaman dan konteks kehidupan mereka. Sehingga pembelajaran belum meninggalkan kesan yang mendalam bagi setiap mahasiswa dan hasil belajar yang dicapai belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian bertujuan untuk mendeksripsikan dan menganalisis pembelajaran Tafsir Tarbawi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mahmud Yunus serta Mengembangkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata kuliah Tafsir Tarbawi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Research and Development (R&D) yang menggunakan pengembangan model four D yaitu mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develop), dan menyebarkan (disseminate). Melalui penelitian ini dikembangkanlah sebuah model pembelajaran CTL pada mata kuliah Tafsir Tarbawi. Model ini selanjutnya disebut dengan model pembelajaran TT-BCTL. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Prodi PAI semester V local C dan D Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Mahmud Yunus (MY) Batusangkar. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan tes untuk memahami dan menerapkan prinsip model pembelajaran TT-BCTL ini. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif sehingga diperoleh buku model pembelajaran TT-BCTL, buku pedoman kerja dosen (PKD), dan buku pedoman kerja mahasiswa (PKM). Model ini diuji validitas, praktikalitas, dan efektifitasnya oleh para ahli. Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Tafsir Tarbawi pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Mahmud Yunus (MY) Batusangkar secara umum terdapat komponen model CTL namun belumlah terlaksana secara efektif, terstruktur, dan terlaksana dengan maksimal. 2) Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pengembangan pembelajaran TT-BCTL ini dapat diaplikasikan dalam semua materi ajar. 3) Hasil Uji validitas, praktikalitas dan efektifitas adalah bahwa pembelajaran Tafsir Tarbawi melalui model CTL sudah valid pada angka 3,80 (95%), praktis pada angka 92,5, dan efektif pada angka 82%. Buku model ini dapat digunakan oleh dosen dalam membantu peserta didik/mahasiswa mengoptimalkan kemampuan mereka, memaknai pembelajaran serta aktif dan kritis. Penelitian ini juga membuktikan bahwa model TT-BCTL lebih efektif dibanding model konvesional yang sering digunakan oleh dosen. Dengan demikian model ini dapat dijadikan salah satu model dalam pembelajaran Tafsir Tarbawi ke depan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Tafsir
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor
Depositing User: Zulfitri Zulfitri
Date Deposited: 25 May 2023 08:40
Last Modified: 25 May 2023 08:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12189

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item