Pengembangan Lembar Kerja peserta didik Matematika Berbasis Konstrukstivisme Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PLSV/PtLSV) Untuk Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Anai

Miftahul Husni, Miftah (2018) Pengembangan Lembar Kerja peserta didik Matematika Berbasis Konstrukstivisme Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PLSV/PtLSV) Untuk Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover)
kover.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (729kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
bab III.pdf

Download (703kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PDF GABUNGAN)
pdf gabungan.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miftahul Husni : Pengembangan Lembar Kerja peserta didik NIM. 1314040663 Matematika Berbasis Konstrukstivisme Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PLSV/PtLSV) Untuk Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Anai Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran matematika sehingga hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih dominan menampilkan penjabaran Materi disertai contoh soal dan sedikit berisi kegiatan peserta didik untuk menemukan suatu rumus sehingga menuntut guru mengajar prosedural, LKPD seperti ini mengakibatkan peserta didik lebih cendrung menghafal konsep dan prinsip dari pada mengkontruksi sendiri pengetahuannya untuk mendapatkan konsep dan prinsip tersebut. Hal ini membuat konsep dan prinsip matematika akan mudah dilupakan peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dirancang dan dikembangkan perangkat pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan berbasis Kontrukstivisme yang memenuhi kriteria Valid dan Praktis digunakan peserta didik kelas VII SMP, perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Tahap define terdiri dari analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Pada tahap design dilakukan perancangan LKPD berbasis konstruktivisme. Pada tahap develop dilakukan uji validitas dan uji praktikalitas. Instrumen yang digunakan meliputi, lembar validasi, angket praktikalitas, dan pedoman wawancara dengan guru dan peserta didik. Data yang diperoleh melalui berbagai instrumen dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar angket pratikalitas, lembar observasi, dan lembar wawancara. Validasi dilakukan oleh 4 orang dosen matematika dan 1 orang dosen bahasa indonesia. Uji praktikalitas terhadap LKPD dilihat dari lembar angket praktikalitas, lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) LKPD berbasis konstruktivisme memenuhi kriteri valid dengan rata-rata Validitas LKPD 4,36; (2) LKPD berbasis konstruktivisme telah memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil angket, wawancara dan observasi dengan rata-rata 89,09. Secara umum, LKPD berbasis konstruktivisme valid dan praktis digunakan pada pembelajaran matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
D History General and Old World > D History (General) > D880 Developing Countries
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 08:27
Last Modified: 28 Jun 2018 08:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item