Pengaruh Harga Bawang Merah Dan Produktivitas Terhadap Kesejahteraan Petani Di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok

Putri Rahmadhani, Putri-Rahmadhani (2023) Pengaruh Harga Bawang Merah Dan Produktivitas Terhadap Kesejahteraan Petani Di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,kata pengantar,abstrak, daftar isi)
cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,kata pengantar,abstrak,daftar isi (3).pdf - Submitted Version

Download (802kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah karena harga bawang merah yang selalu mengalami fluktuasi setiap bulanya. Dan pengaruh produktivitas terhadap kesejahteraan petani di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga bawang merah dan produktivitas terhadap kesejahteraan petani di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan meode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan para petani bawang merah yang berada di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Dengan teknik pengolahan data menggunakan uji t statistk (parsial) dan uji simultan (uji f), serta menganalisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan perangkat SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan. Dari hasil nilai R Square sebesar 0,601, artinya persentase dari variabel harga bawang merah dan produktivitas terhadap kesejahteraan petani sebesar 60,1%. Sedangkan sisanya sebesar 39,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian yang penulis lakukan. Didalam hasil penelitian ini harga berpengaruh terhadap hasil produksi, biaya, dan produktivitas. Begitupun dengan produktivitas yang berpengaruh terhadap modal dan luas lahan. Jika petani kekurangan modal menyebabkan kurangnya produksi dan masukan yang diperoleh petani berkurang sehingga menimbulkan resiko kegagalan atau rendahnya hasil yang akan diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:13
Last Modified: 16 Mar 2023 04:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item View Item