PERSPEKTIF MASLAHAH EKONOMI ISLAM PADA KINERJA KOPERASI TERHADAP KESEJAHTERAAN ANGGOTA DI KPRI IKMAL KEMENTERIAN AGAMA KOTA SAWAHLUNTO

Elsi Kurnia Fitri, Elsi-Kurnia-Fitri (2023) PERSPEKTIF MASLAHAH EKONOMI ISLAM PADA KINERJA KOPERASI TERHADAP KESEJAHTERAAN ANGGOTA DI KPRI IKMAL KEMENTERIAN AGAMA KOTA SAWAHLUNTO. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,kata pengantar,abstrak,daftar isi)
cover,pengesahan,persetujuan pembimbing,kata pengantar,abstrak,daftar isi (3).pdf - Submitted Version

Download (802kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesejahteraan anggota atau karyawan adalah suatu upaya organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan semangat kerja, kinerja, disiplin, loyalitas karyawan atau anggota dalam suatu organisasi atau perusahaan dengan cara memenuhi kebutuhan anggota itu sendiri seperti gaji/upah, bonus, berbagai tunjangan, dan sebagainya. Sesuai dengan kemampuan organisasi atau perusahaan sehingga dapat membuat anggota merasa senang, aman dan nyaman bekerja diperusahaan atau organisasi tersebut Kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan/program/kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi dalam menjamin dan meningkatkan kesehteraan anggota baik dari segi pendidikan, kesehatan,dan memenuhi kebutuhan anggota lainnya yang tertuang dalam strategic planning suatu organisasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Terknik penentuan sample yang digunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode interview, metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan disimpulkan bahwa kinerja KPRI IKMAL dapat mendorong dan membantu kesejahteraan anggota baik itu dari segi kosumsi, pendidikan dan kesehatan serta dapat memenuhi kebutuhan anggota dari segi konsumsi dan lainnya. Akan tetap jika ditinjau dari kesejahteraan menurut ekonomi islam kinerja KPRI IKMAL belum sesuai karena masih mengandung unsur riba didalamnya yang mana dari segi mashlalah ini belum sesuai dengan prinsip ekonomi islam yang tidak mencari keuntungan semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:13
Last Modified: 16 Mar 2023 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12133

Actions (login required)

View Item View Item