Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi anggota terhadap KJKS BMT agam madani nagari tiku V jorong menggunakan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis)

Chintya Aulia Putri, - (2023) Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi anggota terhadap KJKS BMT agam madani nagari tiku V jorong menggunakan metode CFA (Confirmatory Factor Analysis). Skripsi thesis, EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover DLL)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Cover, Pengesahan Pembimbing, Pernyataan Keorisinilan, Pengesahan penguji, Abstrak, Kata Pengantar dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Bab I.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Bab II)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Bab III.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (Bab IV)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (Bab V-Daftar Pustaka)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Bab V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Chintya Aulia Putri_1816050011_Full Text.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Anggota terhadap KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong Menggunakan Metode CFA (Confirmatory Factor Analysis)” disusun oleh Chintya Aulia Putri NIM. 1816050011. Program studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fakta yang ada di lapangan bahwa erkembangan anggota KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong mengalami naik turun. Hal ini membuktikan bahwa KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong belum banyak diminati masyarakat. Secara umum, setiap anggota akan memperhatikan dan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu untuk memutuskan memilih lembaga keuangan. Untuk itu BMT harus dapat membaca peluang serta dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan mempengaruhi preferensi anggota terhadap KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis dilakukan dengan analisis faktor. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober 2022 sampai dengan Januari 2023. Sebanyak 123 anggota yang diambil sebagai responden dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Jumlah variabel yang diteliti adalah 16 variabel. Data yang diolah dengan menggunakan analisis faktor sebanyak 12 variabel yang bisa dianalisis lebih lanjut. 4 variabel dikeluarkan karena tidak valid dalam pengujian validitas. Data yang diperoleh dari responden diolah dengan menggunakan SPSS 25 For Windows. Sebanyak tiga faktor tebentuk dalam analisis ini, dari pengelompokan 12 variabel yang valid memenuhi syarat pada analisis faktor. Fakor pertama yang mempengaruhi preferensi anggota terhadap KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong faktor peran dan status, faktor kedua faktor prosedur dan faktor ketiga faktor produk dan lokasi. Dari keseluruhan faktor tersebut faktor peran dan status adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi preferensi anggota terhadap KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong dengan nilai varians 23,93%. Dan faktor yang paling rendah mempengaruhi preferensi anggota terhadap KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong adalah faktor produk dan lokasi yang memiliki nilai varians sebesar 11,68%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BMT, Preferensi, Analisis Faktor
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:04
Last Modified: 14 Mar 2023 03:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item