Cinta Zulianie, - (2022) Tingkat Kesadaran Pelaku Usaha Terhadap Sertifikasi Halal Pada Pusat Oleh-Oleh Makanan Ringan Di Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam : Ekonomi Syari'ah.
Text (Cover, dll)
CINTA ZULIANIE_1816010014_COVER, DLL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
CINTA ZULIANIE_1816010014_BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
CINTA ZULIANIE_1816010014_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
CINTA ZULIANIE_1816010014_BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
CINTA ZULIANIE_1816010014_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
CINTA ZULIANIE_1816010014_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Fulltext Skripsi)
CINTA ZULIANIE_1816010014_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Cinta Zulianie, Nim 1816010014, 2022, Tingkat Kesadaran Pelaku Usaha Terhadap Sertifikasi Halal Pada Pusat Oleh-Oleh Makanan Ringan Di Kota Padang, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Pembimbing I: Yenti Afrida, M. Ag., Pembimbing II: Andriani Syofyan, SEI., ME. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri halal. Dengan begitu sudah seharusnya produk yang beredar di Indonesia telah bersertifikasi halal. Agar tercipta ketenangan, kenyamanan, dan keamanan bagi masyarakat ketika akan mengkonsumsi suatu produk. Untuk itu pemerintah menyiapkan regulasi untuk jaminan produk halal yaitu Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dan aturan turunannya, dibawah naungan BPJPH di Kementerian Agama dan MUI. Pada penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui tingkat kesadaran pelaku usaha terhadap sertifikasi halal pada pusat oleh-oleh makanan ringan di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Adapun sumber datanya yaitu sumber data primer, sekunder dan tersier yang disesuaikan dengan fokus penelitian. Metode pengumpulan data didapatkan dari angket yang disebarkan dan wawancara terbuka sebagai tambahan kepada enam pelaku usaha makanan ringan pada pusat oleh-oleh di Kota Padang, dan dilengkapi bukti dokumentasi. Metode pengolahan data dalam penelitian ini yaitu editing, koding, tabulating, klasifikasi dengan analisisis kuantitatif secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesadaran pelaku usaha makanan ringan pada pusat oleh-oleh di Kota Padang adalah 87%, diartikan baik (sesuai dengan interval penilain yang sudah ditetapkan). Pada dasarnya pelaku usaha memang sudah sadar akan pentingnya sertifikasi halal terhadap produk yang dijualnya. Hal ini selaras dengan konsumen yang juga cukup sadar dan bertanya mengenai keberadaan sertifikat dan label halal pada kemasan produk yang akan dibelinya. Namun, tingkat kesadaran yang terbilang masih rendah ternyata dialami oleh produsen dari skala yang lebih kecil, meraka masih mengharapkan PIRT sebagai legalitas usahanya. Sehingga tindakan pemerintah, melalui BPJPH di Kementerian Agama supaya lebih fokus dalam mensosialisasikan upaya program sertifikasi halal secara gratis seperti yang telah dicanangkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Tingkat Kesadaran, Pelaku Usaha Makanan Ringan, Sertifikasi Halal |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam - |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 03:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12085 |
Actions (login required)
View Item |