Analisis Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit Di Dusun Maju Jaya Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatra Utara

Bunga Misbah Ritonga, - (2023) Analisis Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit Di Dusun Maju Jaya Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatra Utara. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover,Pengesahan,Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Abstrak, dan Daftar isi)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_COVER.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (BAB I)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_BAB I.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (BAB II)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_BAB III.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (Full text)
Bunga Misbah Ritonga_1816010141_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Judul skripsi ini adalah Analisis Kesejahteraan Petani Kelapa Sawit Di Dusun Maju Jaya Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara Provinsi Sumatra Utara Nama : Bunga Misbah Ritonga Nim.1816010141 Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Salah satu cara akurat untuk mengukur kesejahteraan rumah tangga adalah dengan melihatseberapa banyak uang mereka dihabiskan untuk makanan setelahpengeluaranlainnya.Tingkat kesejahteraan suatu keluarga akan semakin rendah jika semakin banyak yang mereka keluarkan untuk konsumsi makanan, begitu pula sebaliknya.Tingkat konsumsi rumah tangga dipengaruhi oleh beberapa variabel antara lain pendapatan rumah tangga, jumlah keluarga, lama pendidikan, dan ketersediaan komoditas yang dikonsumsi .Unsur-unsur tersebut akan memiliki tingkat dampak yang berbeda-beda terhadap pola konsumsi. Pembatasan ini memaksa para petani untuk memilih dengan bijak untuk memenuhi tuntutan rumah mereka. Bahaya terhadap ekonomi petani dan kerusakan lingkungan dapat diramalkan lebih cepat dan beberapa solusi dapat direncanakan dengan memiliki pengetahuan tentang perilaku.Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana analisis kesejahteraan petani berdasarkan hasil perkebunan, pola konsumsi,dan kesejahteraan menurut Islam di dusun maju jaya kecamatan simangambat kabupaten Padang lawas Utara Penelitian merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel pada penelitian ini adalah Quota Sampling.Teknik sampel ini mengambil jumlah sampel sebanyak jumlah yang telah ditentukan oleh peneliti.Responden dalam penelitian ini adalah 60 responden yang diambil dari petani kelapa sawit di dusun maju jaya kecamatan simangambat kabupaten Padang lawas Utara.Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda menggunakan perangkat spss versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perkebunana meningkatkan kesejahteraan petani sebesar 87,9%, pola konsumsi tidak berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan petani, dan kesejahteraan dalam islam tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesejahteraan petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Hasil Perkebunan, Pola Konsumsi,Kesejahteraan Islam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:03
Last Modified: 14 Mar 2023 03:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item