PENERAPAN MODEL LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 20 KOTO GAEK GUGUK KABUPATEN SOLOK

Yanti Sartika Putri, Yanti (2018) PENERAPAN MODEL LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 20 KOTO GAEK GUGUK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover-abstrak)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img]
Preview
Text (bab I)
1. BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (bab II)
2. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text (bab III)
3. BAB III.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img] Text (bab IV)
4. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text (bab V)
5. BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
A..DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (skripsi full gtabungan)
B..KESELURUHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Yanti Sartika Putri, NIM 1314070624, Penerapan Model Listening Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 20 Koto Gaek Guguk Kabupaten Solok. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Imam Bonjol Padang, 2017. 95 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam pembelajaran menyimak cerita anak belum bervariasi, peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran menyimak cerita anak, hal ini terlihat dari kurangnya minat peserta didik untuk bertanya dan mengemungkakan pendapat dalam proses pembelajaran menyimak cerita anak, banyak dari peserta didik yang tidak memperhatikan pemebelajaran, pemebelajaran masih berpusat kepada pendidik sehingga pembelajaran cenderung satu arah. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan penggunaan model Listening Team terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menyimak dan brbicara di Kelas III SDN 20 Koto Gaek Guguk Kabupaten Solok. Kedua, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif peserta didik dalam pembelajaran menyimak cerita anak sebelum dan sesudah menggunakan Listening Team di Kelas III SDN 20 Koto Gaek Guguk Kabupaten Solok. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang berarti antara sebelum dan sesudah menggunakan Listening Team pada pembelajaran menyimak cerita anak di Kelas III SDN 20 Koto Gaek Guguk Kabupaten Solok Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Posttest–Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III semester I dengan jumlah peserta didik sebanyak 74 orang yang terdiri dari 3 kelas. Pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen adalah dengan pembelajaran model Listening Team sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah melalui tes akhir. Tes akhir belajar diberikan pada kedua kelas sampel sebanyak 10 soal isian untuk penilaian aspek kognitif. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan nilai tes akhir diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 81.24 dan rata-rata nilai kelas kontrol 71.24. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung (2.92) > ttabel (1,68) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95% maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Hi diterima artinya bahwa penerapan model Listening Team berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III SDN 20 Koto Gaek Guguk Kabupaten Solok sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 08:25
Last Modified: 28 Jun 2018 08:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item