PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP LAMA MENCARI KERJA BAGI TENAGA KERJA TERDIDIK DI KECAMATAN MAPAT TUNGGUL SELATAN KABUPATEN PASAMAN

Melati, - (2023) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP LAMA MENCARI KERJA BAGI TENAGA KERJA TERDIDIK DI KECAMATAN MAPAT TUNGGUL SELATAN KABUPATEN PASAMAN. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover Pengesahan Persetujuan Pembimbing Kata Pengantar Abstrak Daftar Isi)
COVER PENGESAHAN PERSETUJUAN PEMBIMBING KATA PENGANTAR ABSTRAK DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Lama Mencari Kerja bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman”disusun oleh Melati, Nim 1713060046. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang. Adanya ketidak seimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan besarnya kesempatan kerja mengakibatkan muncul masalah pengangguran tenaga kerja terdidik. Salah satu syarat memasuki pasar kerja adalah diperlukannya tingkat pendidikan yang dapat menunjang suatu pekerjaan tertentu. Semakin tinggi tingkat pendidikan seorang pekerja, maka semakin tinggi pula produktivitas yang dimilikinya. Masalah ketenagakerjaan terutama lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik merupakan fenomena penting yang akan dipelajari dalam penelitian ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel pendidikan dan pendapatan terhadap lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan Slovin. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang tamatan SMA dan Perguruan Tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik menggunakan perangkat spss versi 25 tahun 2022. Hasil uji statistik yang menggunakan alat bantu program aplikasi SPSS dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan hasil regresi X1 (pendidikan) senilai 8,72 berarti setiap peningkatan pendidikan masyarakat Kecamatan Mapat Tunggul Selatan akan meningkatkan lama mencari kerja sebesar 8,72. Dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan dapat diartikan bahwa pendidikan berpengaruh positif terhadap lama mencari kerja. Sedangkan variabel X2 (pendapatan) senilai 0,679 berarti setiap peningkatan pendapatan masyarakat akan meningkatkan lama mencari kerja sebesar 0,679. Dengan nilai signifikan 0,391 lebih besar dari 0,05 dapat di simpulkan bahwa pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap lama mencari kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam -
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:17
Last Modified: 14 Mar 2023 02:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item