PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU SEJARAH MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PADANG

LENA, SUSANTI (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP GURU SEJARAH MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PADANG. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (cover)
coper lna.pdfWATEERMAK.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
4. ABSRTAK ETC.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text (persetujuan pembimbing)
Doc1.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (BAB I)
5. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
6. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
7. BAB III motivasi p okeee.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text (BAB IV)
8. BAB lena VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA lena.pdfWATERMAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Lena Susanti, NIM 1314090666. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS Semester 1 Di MAN 4 Pesisir Selatan. Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan aktifitas belajar peserta didik mempelajari materi sejarah sehingga kurang menguasai materi. Peserta didik kesulitan memahami materi yang diajarkan, malas bertanya dan kurang berpartisipasi dalam kelas. Dikarenakan materi sejarah terlalu banyak, jarang menanggapi pertanyaan guru, bahkan peserta didik terkesan kurang termotivasi dalam pembelajaran dimana pembelajaran seperti ini diutamakan hafalan, sehingga yang aktif hanya guru dan membuat pembelajaran tidak kondusif sebagian peserta didik ribut. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan melalui tiga aspek sebagai berikut: bagaimana rancangan program pembelajaran sejarah oleh guru, bagaimana pelaksanaan peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran Sejarah, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar dalam pembelajaran sejarah di MAN 4 Pesisir Selatan. Penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian adalah Pendidik Sejarah, Peserta Didik dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: pertama bahwa rancangan program pembelajaran sejarah sudah sesuai dengan kurikulum 2013, kemudian silabus adalah acuan guru untuk menulis RRP sebagai salah satu upaya guru dalam merancang bagaimana mengaktifkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Namun pada kenyataanya bahwa penggunaan metode yang dipakai hanya metode ceramah, diskusi, dan tannya jawab sehingga pembelajaran yang berhubungan dengan penggunaan media vidio dan audio sangatlah minim dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana. Kedua pelaksanaan peningkatan motivasi belajar bisa dilihat pada jenis aktifitas motivasi melalui pemberian hadiah, nasehat, pujian, evaluasi, kompetisi, dan pemberian tugas. Serta penggunaan media pembelajaran melalui narasumber, buku paket sejarah, peta/globe, foto/gambar pahlawan, dan perpustakaan. Dan juga penerapan alat pendidikan seperti hukuman, perintah, pengawasan, dan reward. Ketiga faktor pendukung dari guru kesiapan dalam mengajar, dari peserta didik melalui minat/keinginan belajar, serta sarana dan prasarana memanfaatkan perlengkapan seadanya, penghambat motivasi belajar dilihat dari pendidik bagaimana sikap dan kepribadiannya dalam mengajar. Sedangkan dari peserta didik ialah kesulitan belajar, pergaulan teman, dan ketersedian sarana dan prasarana belajar seperti infocus yang tidak mencukupi, buku-buku sejarah yang sangat terbatas, fasilitas miniatur sejarah yang tidak disediakan dan ketersedian labor komputer yang minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2018 04:20
Last Modified: 26 Nov 2018 04:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item